Pemprov DKI Klaim Water Mist Generator Berhasil Turunkan Polusi

Jum'at, 08 September 2023 - 19:51 WIB
loading...
Pemprov DKI Klaim Water Mist Generator Berhasil Turunkan Polusi
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengklaim pemasangan alat water mist generator sejak 1 September 2023 mampu mengurangi polusi udara di sekitaran Balai Kota. Foto/Giffar Rivana
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengklaim pemasangan alat water mist generator sejak 1 September 2023 mampu mengurangi polusi udara di sekitaran Balai Kota. Hal tersebut terukur oleh Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) mobile yang terpasang di sekitaran Balai Kota, yang menunjukkan angka penurunan polusi di sekitar Balai Kota.

"Bisa dilihat di sana ada SPKU, kami pasang SPKU, tapi memang baru di Gedung Balai Kota kami memasang SPKU mobile," ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Erni Pelita Fitratunnisa di Balai Kota DKI kepada wartawan, Jumat (8/9/2023).

"Jadi kalau mau lihat hasil saya enggak bawa datanya, tapi saya dapat dari Bu Ambar Kepala LEHD ada penurunan untuk PM 2,5 terhitung dari tanggal 1 sampai 4 September,"sambungnya.



Selanjutnya, dia meyakini bahwa sejak pemasangan water mist generator di Gedung Balai Kota, alat buatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu mampu menurunkan PM 2,5 dan hasilnya sangat efektif.

"Tapi yang pasti ada penurunan untuk PM 2,5 ini sama seperti uji coba di Gedung Pertamina. Setelah turun ada penurunan, itu enggak naik-naik lagi. Kita lihat ini cukup efektif," katanya.

Saat ini, stok water mist generator masih terbatas. Selain itu, bahan baku dari water mist generator ini sulit ditemukan.

"Tapi itu tadi lebih banyak kendalanya dalam proses produksi. Selain dari SDM, juga bahan bakunya, yang membuat ini jadi masih sangat terbatas," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)