ACTA Laporkan Video Kampanye Ahok-Djarot ke Bawaslu RI

Senin, 10 April 2017 - 18:30 WIB
ACTA Laporkan Video Kampanye Ahok-Djarot ke Bawaslu RI
ACTA Laporkan Video Kampanye Ahok-Djarot ke Bawaslu RI
A A A
JAKARTA - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan dugaan pelanggaran kampanye berupa video iklan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang menyudutkan umat Islam ke Bawaslu RI.

"Kami laporkan siang ini ke Bawaslu RI dan akan kami laporkan ke Bareskrim Mabes Polri," kata Wakil Ketua ACTA Habib Novel Chaidir Hasan kepada SINDOnews, Senin (10/4/2017).

Novel mengatakan, jika video tersebut secara jelas berisi adegan di mana nampak terjadi kerusuhan dan demonstrasi. Penggambaran pelaku dalam video tersebut adalah orang yang memakai pakaian yang biasa dipakai oleh umat Islam ketika beribadah yaitu peci dan surban.

"Video ini sangat menyudutkan umat Islam dan dapat menimbulkan kesan bahwa umat Islam adalah perusuh serta pembuat keonaran," ujar Novel.

ACTA menganggap video tersebut mengandung unsur pelanggaran Pasal 69 huruf B UU No 8/2015 tentang Pilkada. Dalam pasal tersebut berisi bahwa kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan.

"Kami melaporkan ke Bawaslu RI karena ini sangat melukai hati umat Islam dan berpotensi menimbulkan konflik sosial. Kami harap Bawaslu RI bisa menindaklanjuti laporan kami," kata Novel.

Sebelumnya diberitakan, Video kampanye pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dikecam para netizen. Pasalnya video berdurasi selama dua menit ini dianggap netizen berbau rasis.

Netizen mengangap video tersebut berbau rasis karena pada video tersebut di menit awal digambarkan terjadi kerusuhan di mana sejumlah massa menggedor mobil yang ditumbapangi ibu dan anak. Selanjutnya, pada menit 0.09 terdapat model sejumlah massa yang mengenakan peci dan berpakaian putih berteriak dan terdapat spanduk bertuliskan "Ganyang Cina".( Baca: Dinilai Rasis, Netizen Kritik Keras Video Iklan Kampanye Ahok-Djarot )
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7015 seconds (0.1#10.140)