Kurangi Polusi Udara, Partai Perindo Singgung soal Kendaraan Listrik

Kamis, 07 September 2023 - 14:39 WIB
loading...
Kurangi Polusi Udara, Partai Perindo Singgung soal Kendaraan Listrik
Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pemuda Perindo, Tjokro Utomo biasa dikenal Tommy Tjokro saat memberikan pernyataan kepada awak media, di Kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023). Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pemuda Partai Perindo , Tjokro Utomo, B Bus biasa dikenal Tommy Tjokro menyebutkan penggunaan kendaraan listrik harus ditelaah lebih cermat. Di mana sumber energi di hulunya harus berasal dari energi ramah lingkungan.

Ia melihat dalam jangka panjang jumlah pengendara di Indonesia dan Jakarta terutama cukup besar. Bila ditelaah, peningkatan meskipun mobil listrik (electric vehicle-EV) jumlahnya tidak terlalu banyak.

"Soal kendaraan EV apabila dijadikan langkah untuk mengurangi tingkat polusi, pemerintah harus melihat dari hulunya, kita bicara EV ada baterainya, ada pabrik nya juga yang produksi yang ternyata bahan bakarnya kalau menggunakan batu bara ya lebih meningkat lagi polusi nya," ujar Tommy, di Kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023)



Bacaleg DPR RI Dapil III DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu) tersebut menjelaskan apabila pemerintah ingin meningkatkan penggunaan EV, maka harus memikirkan dari hulu hingga hilir.

"Pemerintah kedepannya harus menggiatkan langkah-langkah pembangunan infrastruktur transportasi umum, karena kalau kita memberikan input kepada masyarakat untuk lebih banyak menggunakan transportasi umum, sebenarnya di Jakarta sudah banyak warga yang menggunakan KRL, MRT, Transjakarta," kata Tommy Tjokro.

Tommy juga melihat ada yang harus ditingkatkan dalam kualitas moda transportasi umum di Jakarta mulai dari kapasitas gerbong, kemudahan dan kenyamanan, hingga feeder perlu ditingkatkan. Hal tersebut kata dia agar ada kejelasan dalam penurunan penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar fosil.

"Uji emisi tentunya dapat membawa dampak penurunan pencemaran udara, tapi apakah signifikan ya belum. Memang harus ada niat dan komitmen yang lebih besar terutama menertibkan kendaraan yang ada di Jakarta atau Indonesia melakukan peraturan uji emisi," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Perindo ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan nomor urut 16 dalam kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024.

Partai Perindo dipimpin oleh Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo telah menyatakan dukungannya kepada Bacapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Partai Perindo selama ini dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)