Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Ma'un

Rabu, 06 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Maun
Barangsiapa  yang membacanya  setelah  salat  Fajar sebanyak  seratus kali maka dia akan berada di bawah  perlindungan Allah SWT.. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Keistimewaan surat Al-Ma'un , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membacanya setelah salat Fajar sebanyak seratus kali maka dia akan berada di bawah perlindungan Allah SWT.



Dalam Tafsirul Burhan disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ma’un), maka Allah mengampuninya selama ia menunaikan zakat. Dan barangsiapa yang membacanya di salat subuh, maka Allah akan melindunginya sampai salat subuh berikutnya.”

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Ma’un) setelah Isya akhir, maka Allah akan mengampuni dosanya dan melindunginya sampai salat subuh.”

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya setelah salat Asar, maka ia akan berada di dalam penjagaan Allah dan Allah melindunginya sampai waktu (Asar) di hari kedua.”



Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abu Ja’far berkata: “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Ma’un di dalam salat wajib dan sunahnya, maka ia termasuk orang yang Allah menerima salat dan puasanya. Dan ia juga tidak akan dihisab atas apa yang dilakukannya selama hidup di dunia.”

Al-Ma’un sendiri artinya adalah “barang-barang yang berguna”. Surat yang terdiri atas 7 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat At-Takatsur. Ia diberi nama Surat Al-Ma’un karena merujuk pada lafaz al-ma’un yang terdapat pada ayat ketujuh.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)