Kisah Nabi Sulaiman Memimpin Bangsa Jin dan Pernah Penjarakan Iblis

Senin, 04 September 2023 - 15:49 WIB
loading...
Kisah Nabi Sulaiman Memimpin Bangsa Jin dan Pernah Penjarakan Iblis
Nabi Sulaiman dikenal sebagai Nabi yang dapat berbicara dengan hewan dan mampu menundukkan angin. Tak hanya itu, beliau juga diberi kuasa dapat memerintahkan bangsa Jin dan bekerja atas perintahnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Nabi Sulaiman 'alaihissalam dikenal sebagai salah satu Rasul yang punya mukjizat luar biasa. Beliau dianugerahi kerajaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi.

Nabi Sulaiman bisa menundukkan golongan Jin dan bekerja atas perintahnya. Kemudian mampu berbicara dengan hewan dan memerintahkan angin.

Sehingga tak heran bila Nabi Sulaiman dapat berkomunikasi dengan bangsa Jin. Seperti Jin Ifrit pernah diperintahkan Nabi Sulaiman untuk memindahkan singgasana Ratu Bilqis dalam waktu yang singkat.

Tak hanya itu, Nabi Sulaiman dikisahkan pernah memenjarakan Iblis. Ketika Iblis berucap sumpah akan menyesatkan setiap anak cucu Adam (umat manusia), Sulaiman mengajukan permohonan kepada Allah.

Awalnya Nabi Sulaiman memohon agar diberi kuasa untuk memenjarakan Iblis supaya manusia tidak lagi melakukan dosa dan maksiat. Meskipun sempat ditentang, akhirnya Allah mengizinkan Nabi Sulaiman mencari dan menangkap Iblis dan bala tentaranya.

Tak lama setelah Iblis dipenjara Nabi Sulaiman, beliau lantas memerintahkan anak buahnya untuk pergi ke pasar menjual tas hasil kerajaan. Sayangnya, ketika hendak menjual tas itu, anak buah Nabi Sulaiman justru tidak menemukan pasar yang buka.

Hal ini membuat Nabi Sulaiman bertanya-tanya dan akhirnya memutuskan untuk mengadu kepada Allah. "Ya Rabb, apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa orang-orang tidak bekerja mencari nafkah?"

Kemudian Allah menjawab bahwa semua Iblis yang ditangkap Nabi Sulaiman membuat orang-orang tidak bergairah untuk mencari nafkah. Karena itulah Allah sempat menentang keinginan Nabi Sulaiman. Menangkap Iblis dan bala tentaranya tidak akan mendatangkan kebaikan.

Iblis yang ditangkap Nabi Sulaiman tidak lagi menggoda manusia sehingga manusia tidak lagi bersemangat mencari hal-hal yang sifatnya duniawi.

Dari situlah Nabi Sulaiman mulai memahami tujuan Allah menciptakan Iblis. Meskipun tugasnya menyesatkan, tetapi memiliki pengaruh bagi keseimbangandunia.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)