4 Fakta Raja Jayanegara, Penguasa Kedua Majapahit yang Banyak Dibenci Orang

Senin, 04 September 2023 - 11:42 WIB
loading...
4 Fakta Raja Jayanegara, Penguasa Kedua Majapahit yang Banyak Dibenci Orang
Raja Jayanegara merupakan salah satu penguasa yang pernah memimpin Majapahit. Foto/Dok. SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Raja Jayanegara merupakan salah satu penguasa yang pernah memimpin Majapahit . Dalam riwayatnya, dia adalah anak dari pendiri kerajaan, yakni Raden Wijaya .

Jayanegara menjadi penguasa Majapahit ketika menggantikan Raden Wijaya. Namun, berbeda dengan ayahnya yang disegani, pemerintahan Jayanegara justru diliputi banyak hal kurang baik.

Tak hanya diwarnai banyak pemberontakan, sebagian kalangan istana Majapahit juga membenci Jayanegara karena perilakunya. Siapa sangka, tindakan buruk yang dilakukannya itu akan menjadi penyebab kematiannya.

Berikut sederet fakta menarik dari Raja Jayanegara yang menarik diketahui.

Fakta Raja Jayanegara dari Majapahit


1. Raja Kedua Majapahit


Jayanegara adalah putra pendiri sekaligus raja pertama Majapahit, yakni Raden Wijaya. Dia naik tahta menggantikan sang ayah dan resmi menyandang status raja kedua di Majapahit.



Melihat riwayatnya, Jayanegara adalah putra Raden Wijaya bersama Dara Petak yang diketahui sebagai putri dari Kerajaan Melayu. Pada kitab Pararaton, Jayanegara disebut sebagai Kalagemet.

2. Pemerintahannya Diwarnai Pergolakan


Jayanegara naik tahta pada 1309. Namun, pemerintahannya diwarnai banyak pergolakan dengan berbagai alasan.

Salah satunya adalah karena statusnya yang berdarah campuran, yakni Jawa dan Melayu. Hal ini membuat banyak orang di Majapahit tidak senang ketika Jayanegara naik tahta.

Kitab Pararaton mencatat bahwa sejumlah pengikut setia Raden Wijaya melancarkan pemberontakan terhadap Jayanegara. Bahkan, patih yang membantunya memerintah dulu turut melakukan pemberontakan pada tahun 1311.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)