Mengapa Mossad Kerap Gagal Menyabotase Industri Pertahanan Iran? Berikut 5 Alasannya

Sabtu, 02 September 2023 - 18:31 WIB
loading...
Mengapa Mossad Kerap Gagal Menyabotase Industri Pertahanan Iran? Berikut 5 Alasannya
Iran kerap menjadi target sabotase yang dilakukan agen intelijen Israel Mossad. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Republik Islam Iran dan Israel diketahui telah terlibat dalam perang rahasia yang berlangsung selama puluhan tahun berupa serangan spionase, sabotase, dan pembunuhan sejak Revolusi Iran 1979.

Para pejabat Iran telah mengungkapkan dugaan plot besar-besaran yang “sangat kompleks” yang dilakukan oleh intelijen Israel untuk menyabotase sektor pertahanan Iran yang melibatkan pemasangan komponen penghubung yang berasal dari luar negeri dan dilengkapi dengan bahan peledak pada perangkat keras pertahanan dalam negeri yang canggih, termasuk rudal dan drone.

“Sekitar sembilan tahun yang lalu, pada tahun 2014, ketika petugas dari Organisasi Intelijen Kementerian Pertahanan sedang bekerja pada jaringan musuh…mereka menemukan fokus Mossad pada topik yang melibatkan komponen penghubung untuk digunakan dalam industri pertahanan. Mereka berhasil memperoleh informasi dasar [mengenai komponen tersebut] pada tahun 2015,” kata Wakil Menteri Pertahanan Iran Reza Talaei-Nik mengatakan kepada media lokal, dilansir Sputnik.

Berikut adalah 5 alasan Mossad kerap gagal menyabotase program senjata milik Iran.

1. Mossad Kirim Agen Profesional ke Iran

Mengapa Mossad Kerap Gagal Menyabotase Industri Pertahanan Iran? Berikut 5 Alasannya

Foto/Reuters

Jaringan agen intelijen yang sangat profesional yang menyusup ke sektor pertahanan negara tersebut berencana menempatkan sirkuit yang tidak terdeteksi di beberapa bagian konektor rudal agar meledak pada waktu tertentu. "Itu bisa merusak jalur produksi dan merugikan karyawan industri pertahanan, atau mencegah penggunaan senjata sebagaimana dimaksud dalam keadaan darurat," kata Wakil Menteri Pertahanan Mehdi Farahi.

Iran mendeteksi konektor-konektor yang rusak tersebut sebelum dapat dimasukkan ke dalam produksi pertahanan, dan bahkan menyelamatkan konektor-konektor tersebut dengan memisahkan sektor-sektor yang rusak dan membangunnya kembali agar dapat digunakan secara aman.


2. Pergerakan Mossad Diketahui Sejak Awal

Mengapa Mossad Kerap Gagal Menyabotase Industri Pertahanan Iran? Berikut 5 Alasannya

Foto/Reuters

"Upaya sabotase tersebut dipantau sejak awal dan sepenuhnya dinetralkan dengan penangkapan anggota jaringan tersebut,” kata Farahi. Dia mengungkapkan Mossad dikatakan tidak waspada dan tidak menyadari bahwa rencana tersebut telah dikompromikan hingga saat ini.

“Musuh tidak menyadari bahwa Iran telah mendeteksi rencana tersebut, dan ingin mengejutkan kami dengan operasi melawan sistem pertahanan, namun mereka terkejut,” kata Talaei-Nik. Dia menambahkan bahwa rencana sabotase tersebut akan merugikan pertahanan Iran hingga USD19 juta jika operasi berjalan sesuai rencana. Plot tersebut digambarkan sebagai “salah satu upaya sabotase terbesar” yang dilakukan oleh kekuatan musuh hingga saat ini.

3. Sistem Keamanan Iran Sangat Berlapis-lapis

Mengapa Mossad Kerap Gagal Menyabotase Industri Pertahanan Iran? Berikut 5 Alasannya

Foto/Reuters

Talaei-Nik mengatakan efektivitas rudal strategis Iran dalam pencegahan telah menjadikannya target utama spionase dan sabotase industri musuh. Dia menambahkan bahwa kemajuan dramatis di sektor pertahanan dalam beberapa tahun terakhir telah memungkinkan Iran mencapai swasembada di sebagian besar wilayah, sambil melanjutkan “proyek intelijen dan keamanan berlapis-lapis” dengan membeli komponen untuk mengelabui mata-mata musuh.

Plot penghubung disebut-sebut terbongkar berkat bantuan seorang pengusaha sipil yang terlibat dalam pengadaan komponen di luar negeri. Pembeli memperhatikan minat yang tidak biasa yang ditunjukkan oleh pemasok komponen asing terhadap pasar domestik Iran, serta distribusi suku cadang, dan kemudian menghubungi Organisasi Intelijen Kementerian Pertahanan. Oleh karena itu, para pejabat intelijen menggunakan informasi tersebut untuk membantu mengidentifikasi jaringan lain yang terlibat dalam plot tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)