Dekat dengan Jokowi, Erick Thohir Dinilai Semakin Jadi Pilihan untuk Pilpres 2024

Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:06 WIB
loading...
Dekat dengan Jokowi, Erick Thohir Dinilai Semakin Jadi Pilihan untuk Pilpres 2024
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sedang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mobil. Foto/Instagram Erick Thohir
A A A
JAKARTA - Dukungan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai menjadi faktor penting bagi elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir di bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Ketua Umum PSSI itu dianggap sebagai sosok yang dekat dengan Jokowi.

Pengamat Politik Citra Institute Efriza melihat kedekatan Erick Thohir dengan Jokowi menunjukkan hadirnya sebuah sinyal dukungan kuat. Erick juga dinilai sebagai figur paling potensial menjadi cawapres andalan orang nomor satu RI tersebut.

“Kalau dilihat tentu ada peran Pak Jokowi yang sangat membantu Erick Thohir dalam hal elektabilitas,” kata Efriza, Kamis (31/8/2023).





Merujuk pada hasil temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1- 8 Juli 2023, elektabilitas Erick Thohir berada di puncak ketimbang sejumlah tokoh lain yang berpeluang menjadi cawapres pada simulasi tujuh nama.

Nama Erick Thohir berada di peringkat pertama dengan mendapatkan dukungan sebesar 21,2 persen. Erick unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 19,6 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan 17,5 persen.

Efriza berpendapat, kenaikan tren elektabilitas semakin menjadikan Erick Thohir sebagai figur cawapres potensial pada pilpres mendatang. Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) ini bahkan sejak awal pemerintahan sudah menjadi menteri andalan Jokowi.

Lewat sejumlah penugasan khusus Erick Thohir dianggap sukses menjawab dengan hasil maksimal seperti menghadirkan transformasi di BUMN. Ditunjuk menjadi Ketua Penanganan Pandemi Covid 19, hingga penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi berat FIFA.

Dia menuturkan, hadirnya situasi tersebut tentu menjadi sebuah gambaran sangat kuat. Utamanya lebih dipilihnya Erick Thohir oleh Jokowi sebagai figur cawapres yang paling layak untuk diusung dibanding dengan figur lain.

“Karena di antara Presiden Jokowi dengan Sandiaga Uno, Jokowi dengan Erick Thohir itu lebih sering Presiden Jokowi dengan Erick Thohir,” pungkas Efriza.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)