Takut Motif Terungkap, Rusia Tidak Akan Gelar Penyelidikan Kematian Prigozhin Berdasarkan Aturan Internasional

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:40 WIB
loading...
Takut Motif Terungkap, Rusia Tidak Akan Gelar Penyelidikan Kematian Prigozhin Berdasarkan Aturan Internasional
Rusia tidak akan bekerja sama dengan pihak asing dalam menyelidiki kecelakaan pesawat yang ditumpangi bos Wagner. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia telah memberi tahu otoritas investigasi pesawat Brazil bahwa mereka tidak akan menyelidiki jatuhnya jet Embraer buatan Brazil yang menewaskan bos tentara bayaran Yevgeny Prigozhin berdasarkan aturan internasional.

Hal itu memicu prediksi bahwa Rusia tidak ingin dunia internasional mengetahui penyebab kecelakaan tersebut terjadi.

Prigozhin, dua letnan utama Grup Wagner dan empat pengawalnya termasuk di antara 10 orang yang tewas ketika Embraer Legacy 600 jatuh di utara Moskow pekan lalu.

Dia meninggal dua bulan setelah melancarkan pemberontakan singkat terhadap lembaga pertahanan Rusia yang merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin sejak ia naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999.



Pusat Penelitian dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan (CENIPA) Brazil, mengungkapkan demi meningkatkan keselamatan penerbangan, pihaknya akan bergabung dalam penyelidikan yang dipimpin Rusia jika mereka diundang. Asalkan, penyelidikan tersebut dilakukan berdasarkan aturan internasional.

Otoritas penerbangan Rusia tidak berkewajiban untuk mengatakan ya kepada CENIPA. Namun beberapa mantan penyelidik mengatakan hal itu harus dilakukan, karena AS dan pemerintah Barat lainnya mencurigai Kremlin berada di balik jatuhnya Embraer Legacy 600 pada 23 Agustus, yang memiliki catatan keselamatan yang baik. .

Kremlin menyangkal keterlibatan apa pun. Prigozhin secara terbuka mengkritik tuntutan Moskow atas invasinya ke Ukraina. Tentara bayaran Wagner bertempur di pihak Rusia.

Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional PBB (ICAO) yang berbasis di Montreal, penerbangan dari Moskow dengan tujuan St Petersburg adalah penerbangan domestik, sehingga tidak tunduk pada aturan internasional yang dikenal di seluruh industri dengan nama resmi "Lampiran 13".

“Mereka tidak diwajibkan, hanya disarankan untuk melakukan hal tersebut,” kata Kepala CENIPA Brigadir Udara Marcelo Moreno kepada Reuters setelah lembaga tersebut mengirimkan email pekan lalu yang menanyakan kepada Rusia apakah mereka akan membuka penyelidikan semacam itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)