Bayi Tertukar di Bogor, Proses Pengembalian Bertahap selama Sebulan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 02:33 WIB
loading...
Bayi Tertukar di Bogor, Proses Pengembalian Bertahap selama Sebulan
Deputi Perlindungan Anak Kementerian PPPA Nahar mengatakan, proses transisi pengembalian bayi dilakukan secara bertahap dan diperkirakan berlangsung selama sebulan. Foto/MPI
A A A
BOGOR - Proses transisi bayi dari Siti Mauliah dengan pasien D yang tertukar akan dilakukan secara bertahap. Hal itu menyusul fakta di mana hasil tes DNA menunjukan kedua bayi memang terukar.

"Dari sisi pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, maka pascapertemuan hari ini akan dilakukan langkah penyesuaian pengembalian anak dari ibu SM ke Ibu D dan sebaliknya," kata Deputi Perlindungan Anak Kementerian PPPA Nahar di Polres Bogor, Jumat (25/8/2023).

Menurut Nahar, proses tersebut memakan waktu kurang lebih satu bulan. Mulai dari assessment kepada masing-masing anak dan keluarga, penyesuaian lingkungan hingga nantinya tahap penyerahan bayi. "Setelah itu kami berharap proses ini bisa kita selesaikan dan kita berharap hak anak mengetahui orang tua k andungnya, diasuh orang tuanya, bisa kita penuhi sebaik-baiknya," ungkapnya.



Pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Peristiwa ini menjadi pembelajaran bahwa yang perlu diutamakan hak anak. "Mudah-mudahan ini pembelajaran bahwa kepentingan anak harus diupayakan dan upaya malam ini sudah berhasil dan kita kan lakukan tahapan penyerahan anak ke orang tua biologisnya masing-masing," pungkasnya.

Sebelumnya, polisi telah menyampaikan hasil tes DNA antara bayi laki-laki Siti Mauliah dengan bayi laki-laki pasien D dinyatakan tertukar. Pengumuman tersebut sudah diterima dengan baik oleh kedua keluarga setelah melakukan mediasi di Polres Bogor.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)