5 Pesawat Tempur Tercanggih dan Tercepat di Dunia, Bertenaga Roket

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:40 WIB
loading...
5 Pesawat Tempur Tercanggih dan Tercepat di Dunia, Bertenaga Roket
Sejumlah negara berlomba-lomba menciptakan jet-jet tempur tercepat di dunia. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Industri pesawat tempur selalu berupaya menjadi pencetus teknologi tercanggih dan tercepat. Setiap dekade selalu ada pesawat yang ditahbiskan menjadi yang tercepat.

Sejak pesawat pertama terbang pada awal abad ke-20, para insinyur di seluruh dunia bersaing untuk membuat pesawat yang dapat terbang tercepat. Kecepatan jet tempur jadi keunggulan dan harus cukup kokoh untuk menahan tekanan dari luar. Desain pesawat juga harus memperhitungkan G-force yang harus dihadapi pilot.

Dilansir dari Sputnik Globe, Kamis (24/8/2023), banyak pesawat tempur yang diklaim sebagai pesawat tercepat di dunia. Namun, kemudian dilampaui oleh pesawat tempur jenis terbaru dan lebih maju.

Jadi, pesawat tempur manakah yang saat ini dapat disebut sebagai pesawat tercepat di dunia dari jenisnya?. Amerika Serikat telah lama menyandang reputasi sebagai negara yang memiliki angkatan udara militer terkuat dan tercanggih dalam sejarah. Uni Soviet, kini Rusia, juga tak ketinggalan.



Berikut deratan pesawat tempur tercepat di dunia:

1. MiG-25

5 Pesawat Tempur Tercanggih dan Tercepat di Dunia, Bertenaga Roket


Salah satu pesawat tempur tercepat di dunia adalah MiG-25, tipe pesawat pencegat supersonik yang dirancang di Uni Soviet pada 1960an. Awalnya dikenal sebagai proyek E-155, pesawat prototipe ini kemudian menjadi MiG-25 yang melakukan uji terbang pertamanya pada 1964.

Uji coba negara terhadap pesawat perang baru ini berlanjut dari 1965 hingga 1970. Para insinyur Soviet meluangkan waktu untuk mengeksplorasi karena keunikan desain pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)