Keistimewaan Surat Yasin Ayat 58, Doa Dikabulkan dan Diampuni Semua Dosa

Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:25 WIB
loading...
Keistimewaan Surat Yasin Ayat 58, Doa Dikabulkan dan Diampuni Semua Dosa
Keutamaan surat Yasin salah satunya berada di ayat 58. Untuk mendapatkan keutamaannya, ayat tersebut perlu dibaca berulang ulang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan surat Yasin salah satunya berada di ayat 58. Untuk mendapatkan keutamaannya, ayat tersebut perlu dibaca berulang ulang.

Pada dasarnya membaca Surat Yasin memang dianjurkan oleh setiap umat muslim karena punya keutamaan luar biasa, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ"


Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barangsiapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni". Sanad hadis ini jayyid (baik).

Dalam hadits tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari akan mendapat pengampunan dosa. Ini menjadi salah satu keutamaan yang dimiliki.

Sedangkan untuk Surat Yasin ayat 58 ini biasanya dipakai oleh Imam Shalat Tarawih 23 rakaat untuk setiap rakaat kedua.

سَلٰمٌ قَوۡلًا مِّنۡ رَّبٍّ رَّحِيۡمٍ


Salaamun qawlam mir Rabbir Rahiim

Artinya : "(Kepada mereka dikatakan) 'Salam' sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang." (QS Yasin Ayat 58)

Para ulama meyakini bahwa ayat 58 dari Surat Yasin mengandung kemuliaan besar. Sebab ayat tersebut adalah kabar gembira dari surga.

Ketika membaca Surat Yasin ayat 58 dianjurkan untuk mengulang-ulangnya minimal dibaca 3 kali hingga 7 kali.

Sehingga, barang siapa yang membaca Surat Yasin Ayat 58 ini akan dikabulkan semua keinginannya. Selain ayat 58, para ulama juga menganggap baik terhadap bacaan doa-doa yang masyhur sesudah ayat-ayat tertentu, dan terhadap pengulangan ayat-ayat tertentu, seperti sesudah membaca Surat Yasin ayat 27 dan 38.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)