Anies: Didik Anak untuk Terbiasa Hadapi Masalah

Sabtu, 25 Februari 2017 - 16:31 WIB
Anies: Didik Anak untuk Terbiasa Hadapi Masalah
Anies: Didik Anak untuk Terbiasa Hadapi Masalah
A A A
JAKARTA - Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, betapa pentingnya mendidik anak agar terbiasa menghadapi masalah. Umat Islam sering melupakan proses pendidikan Nabi Muhammad yang mana roses pendidikan Rasul itu dapat dilihat sejak dalam kandungan.

"Masih dalam kandungan, statusnya sudah yatim. Ketika usia 5-6 tahun, ibunya meninggal. Anak usia enam tahun mengantar ibunya di kuburan dan tidak di kotanya. Bayangkan, usia delapan tahun mengantar kakeknya dikubur," kata Anies saat menghadiri acara Maulid Nabi di Taklim Bahjatul Ummahat, di Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (25/2/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menuturkan, pengalaman Nabi Muhammad itu nampaknya kecil. Namun, justru pengalaman tersebut telah membuat anak kecil menyadari bahwa ketergantungannya hanya kepada Allah SWT.

Anies membeberkan, orang tua kerap tidak ingin anaknya itu terlibat masalah. Padahal, membuat anak tumbuh itu harus dengan cara digembleng, sebagaimana Nabi Muhammad yang dilatih oleh Allah dengan latihan yang ekstrim sejak kecil.

Maka itu, itulah hikmah yang harus diambil oleh para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. "Kita harus mendidik anak-anak kita terbiasa menghadapi masalah," tuturnya.

Anies juga mengungkapkan, seorang ayah itu harus berperan aktif dalam pendidikan anak-anaknya. Misalnya saja dalam hal kecil, bukan cuma ibu yang memgantarkan anak ke sekolah, ayah pun bisa mengantarkan anaknya ke sekolah.

Dengan begitu, ungkapnya, ayah bisa melihat bagaimana perkembangan anaknya, suasana sekolah, dan guru-gurunya juga. Selama ini, ibulah yang seringkali peduli dan akan datang ke sekolah anak-anaknya.

Anies kemudian mengutarakan seorang ayah harus terlibat dalam pendidikan anak-anaknya. Pendidikan anak dan keluarga, merupakan tanggung jawab utama dari seorang ayah sebagai kepala keluarga.

"Yang bertanggung jawab atas keluarga dan menjaganya dari api neraka adalah ayahnya," tutur Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0579 seconds (0.1#10.140)