FIBA World Cup 2023: Ini Rute Bus Listrik ke Indonesia Arena

Selasa, 22 Agustus 2023 - 20:32 WIB
loading...
FIBA World Cup 2023: Ini Rute Bus Listrik ke Indonesia Arena
Direktur Utama PPKGBK, Rahmadi Afif, menuturkan bakal menerapkan beberapa program pengurangan emisi karbon selama pagelaran FIBA World Cup 2023 berlangsung di Indonesia Arena pada 25 Agustus hingga 3 September mendatang / Foto: Ilustrasi dari LOC
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PPKGBK, Rahmadi Afif, menuturkan bakal menerapkan beberapa program pengurangan emisi karbon selama pagelaran FIBA World Cup 2023 berlangsung di Indonesia Arena pada 25 Agustus hingga 3 September mendatang. Salah satunya penggunaan kendaraan listrik di lingkungan venue.

Nantinya penonton bakal diangkut dengan bus listrik dari kantong parkir yang disediakan di sekitar wilayah Gelora Bung Karno (GBK). Rahmadi mengungkapkan bahwa penggunaan kendaraan listrik ini merupakan bentuk dukungan dari Indonesia sebagai tuan rumah kepada Federasi Bola Basket Dunia (FIBA), yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.

"FIBA World Cup 2023 ini merupakan salah satu event yang cukup khusus memperhatikan lingkungan dan kita sangat mendukung itu. Jadi, penonton bisa parkir di kantong-kantong parkir baru nanti dijemput pakai bis listrik," kata Rahmadi, Selasa (22/8/2023).



Nantinya para penonton tak diperbolehkan masuk ke dalam Indonesia Arena yang berada di dalam kawasan GBK dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mereka diwajibkan untuk memarkir kendaraan di kantong parkir yang tersedia di sekitar wilayah GBK.

Rencananya, bis listrik dari TransJakarta akan beroperasi berkeliling seputaran wilayah Gelora Bung Karno. Bis ini dapat digunakan secara gratis bagi penonton yang telah memiliki tiket, media dengan akreditasi FIBA, serta Officials FIBA World Cup 2023.


Rute Bus Listrik

Berdasarkan rilis panitia lokal (LOC) FIBA World Cup 2023, rute bis listrik ini dimulai dari titik shuttle point 1 yakni di Gate 11 - halte Gelora (start-end), lalu melalui jalan Asia Afrika di mana ada shuttle point 2 - halte depan Plaza Senayan, kemudian berbelok ke arah jalan terusan Senayan City. Bus ini akan berhenti di shuttle point 3 - halte depan Senayan City, lalu berbelok menuju jalan Pintu Satu, shuttle point 5 - Masjid Al Bina.

Bus akan berlanjut melaju ke jalan Sudirman, shuttle point 6 - halte Gelora Bung Karno 2. Kemudian menuju ke jalan Gatot Subroto dan berbelok ke jalan Gerbang Pemuda, di mana ada shuttle point 7 di halte Lapangan Panah, dan kembali ke jalan Asia Afrika menuju shuttle point 1 lagi.

Sementara motor listrik dapat digunakan oleh media dengan akreditasi FIBA serta Officials FIBA WC 2023 di GBK Area, serta skuter listrik sebagai kendaraan operasional LOC FIBA WC 2023 Indonesia Arena. Bekerjasama dengan Electric Mobility Collaboration Center (EMC²) dan mendapat dukungan 6 bis listrik dari Dishub Pemprov DKI Jakarta, TransJakarta, dan Mayasari Bakti.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)