Depok Langganan Banjir, Banyak Daerah Resapan dan Gorong-Gorong Tak Berfungsi

Selasa, 21 Februari 2017 - 14:35 WIB
Depok Langganan Banjir, Banyak Daerah Resapan dan Gorong-Gorong Tak Berfungsi
Depok Langganan Banjir, Banyak Daerah Resapan dan Gorong-Gorong Tak Berfungsi
A A A
DEPOK - Sejumlah wilayah di Depok terkena banjir akibat hujan deras sejak Senin malam (20/2) hingga Selasa pagi (21/2). Salah satunya adalah Perumahan Bukit Cengkeh Cimanggis I dan II.

Air di perumahan ini cukup tinggi lebih dari 50 sentimeter. "Tadi habis subuh sedada orang dewasa. Tapi sekarang udah sedengkul. Tim SAR juga sudah datang ke sini," kata Annisa, salah satu warga Bukit Cengkeh, Selasa (21/2/2017).

Perumahan itu, kata dia, kerap terkena banjir jika intensitas hujan tinggi. Sejak dirinya tinggal, wilayahnya sering terkena banjir kalau hujan semalaman. "Saya harap sih bisa berkurang ya genangannya. Setidaknya pemerintah bisa atasi ini. Karena ini terjadi puluhan tahun,"akunya.

Kurun dua tahun ini, kata dia, frekuensi banjir semakin sering. Menurutnya, daerah resapan dan gorong-gorong tidak berfungsi. Ditambah kesadaran masyarakat yang masih banyak buang sampah di kali membuat cepat meluapnya air dari kali. "Saya harap Pemkot Depok bisa menindaklanjuti masalah banjir ini," pungkasnya.

Selain perumahan Bukit Cengkeh, banjir juga terjadi di Jalan Rumbut, Kelurahan Palsigunung Cimanggis. Genangan air sudah terjadi sejak pagi. "Iya sudah sebetis orang dewasa. Hujan dari semalam menyebabkan banjir," kata Euis, warga Kampung Rumbut.

Dia menambahkan di wilayahnya jika intensitas hujan tinggi memang ada genanangan air. Karena drainase di lingkungannya tidak bagus. "Kalau hujan terus menerus memang banjir, ini karena drainase di sekitar rumah yang kurang baik sehingga air nggak mengalir. Selokan banyak yang mampet," ucapnya.

Dia berharap, genangan air bisa segera surut dan ada upaya cepat dari pemerintah. "Saya inginnya pemerintah cepat tanggap ya, atasi banjir ini. Masyarakat juga gak sadar lingkungan buang sampah di selokan air, " tutupnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8555 seconds (0.1#10.140)