Hujan Lebat, Warga Kalibata Tetap Antusias Lakukan Pencoblosan Ulang

Minggu, 19 Februari 2017 - 12:31 WIB
Hujan Lebat, Warga Kalibata Tetap Antusias Lakukan Pencoblosan Ulang
Hujan Lebat, Warga Kalibata Tetap Antusias Lakukan Pencoblosan Ulang
A A A
JAKARTA - Meskipun hujan lebat, suasana pencoblosan ulang di TPS 29, Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan terlihat ramai. Pencoblosan ulang dilakukan menyusul temuan adanya pelanggaran di TPS tersebut.

TPS 29 telah dibuka sejak pukul 07.00 WIB. Namun, karena hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut maka TPS baru mulai terlihat ramai sekitar pukul 07.30 WIB. (Baca juga: Pencoblosan Ulang, Puluhan Polisi Jaga Ketat TPS 29 Kalibata, Pancoran )

Waktu pelaksanaan pencoblosan di TPS 29 akan berlangsung sampai sekitar pukul 13.00 WIB. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di TPS tersebut mencapai 491 pemilih. TPS 29 di Kelurahan Kalibata menjadi satu dari dua TPS yang menjadi lokasi pencoblosan ulang. Satu TPS lainnya berlokasi di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pencoblosan ulang harus dilakukan menyusul temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta mengenai adanya lima orang yang melakukan pelanggaran saat pencoblosan pada Rabu (15/2/2017).

Dari lima orang, dua melakukannya di Kalibata, dua di Kemayoran, sedangkan satu lagi di Jakarta Timur. "Mereka menggunakan C6 yang bukan miliknya," kata Ketua Bawaslu DKI Mimah Susanti di lokasi.
(Baca juga: Ditemukan Pemilih Ganda, TPS 29 Kalibata, Pancoran, Lakukan Pencoblosan Ulang )

Anggota KPPS 4 Awaludin Yamin menegaskan, pencoblosan ulang dilakukan karena adanya warga yang bernama Tati melakukan pencoblosan sebanyak dua kali. "Dia mengajukan diri untuk mencoblos mewakili kakaknya yang ada di Kanada," katanya.

Ketika itu, dia membawa formulir dan KTP milik sang kakak. Saat itu, seluruh anggota sempat berembuk dan akhirnya disepakati kalau dia diperbolehkan mencoblos. "Tapi akhirnya hal itu tidak diperbolehkan sehingga terpaksa dilakukan pencoblosan ulang," tegasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4975 seconds (0.1#10.140)