Hilang di Gunung Sibuantan, 2 Pendaki Berhasil Ditemukan Selamat

Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:27 WIB
loading...
Hilang di Gunung Sibuantan, 2 Pendaki Berhasil Ditemukan Selamat
Dua pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Sibuatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berhasil ditemukan tim SAR gabungan. Foto/Dok. Basarnas Medan
A A A
KARO - Hilang saat melakukan pendakian di Gunung Sibuantan, Desa Pancurbatu, Kecamatan Merek Situnggaling, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dua orang pendaki akhirnya berhasil ditemukan selamat. Kedua pendaki ditemukan tim SAR gabungan, Minggu (20/8/2023).



Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan, kedua pendaki yang dilaporkan hilang, dan telah berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, adalah Ofa Daniel (25) warga Pasaman, Sumatera Barat, dan Rayzon (25) warga Panai Tonga.



Kedua pendaki tersebut, dinyatakan hilang setelah terpisah dari rombongan saat tiba di pos registrasi pasca mendaki ke puncak Gunung Sibuatan. "Kedua korban bersama tiga orang temannya, melakukan pendakian ke puncak Gunung Sibuatan melalui jalur Pancurbatu, pada Jumat (18/8/2023)," terang Budiono.



Kemudian pada Sabtu (19/8/2023) sekitar pukul 12.00 WIB, kedua korban dan teman-temannya turun kembali menuju pos registrasi, namun kedua korban sudah tidak bersama rombongan lagi. "Setelah ditunggu hingga beberapa jam, kedua korban tak kunjung kembali. Akhirnya, dilakukan pencarian dan tidak ditemukan. Kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan," imbuh Budiono.

Pencarian yang dipimpin oleh Basarnas Medan, lanjut Budiono, kemudian membagi seluruh unsur yang terlibat menjadi dua SRU (Search Rescue Unit) dengan cara penyisiran menggunakan tipe 1 dan tipe 3. Kemudian melakukan pelacakan melalui jalur yang dilalui korban saat mendaki dan turun dari puncak Gunung Sibuatan.



"Pagi tadi sekitar pukul 10.45 WIB, kedua korban akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat. Keduanya berada di luar jalur wisatawan, berjarak sekitar 4 km dari lokasi posko utama. Korban kemudian dibawa menuju posko utama, dan menunggu penjemputan pihak keluarga," pungkasnya, Minggu (20/8/2023).
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2631 seconds (0.1#10.140)