Kolaborasi Dukung Industri Kopi melalui Indonesia Coffee Event 2023

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 16:51 WIB
loading...
Kolaborasi Dukung Industri Kopi melalui Indonesia Coffee Event 2023
Rotaryana berkomitmen untuk menjadi bagian dalam mendorong pertumbuhan industri kopi di Indonesia tidak hanya komoditas kopi itu sendiri, namun juga talenta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan Indonesia yang juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Peningkatan produksi kopi di Indonesia yang terus berkembang secara berkelanjutan dari tahun ke tahun harus diiringi dengan perkembangan para pelaku di industri kopi tanah air.



Rotaryana berkomitmen untuk menjadi bagian dalam mendorong pertumbuhan industri kopi di Indonesia tidak hanya komoditas kopi itu sendiri, namun juga talenta serta komunitas kopi yang dalam hal ini diwujudukan melalui Indonesia Coffee Event (ICE) 2023.

ICE 2023 merupakan ajang kompetisi kopi terbesar di Indonesia yang digagas oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang menaungi cabang kompetisi. Di mana 4 di antaranya yakni Indonesia Latte Art Championship (ILAC), Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Cup (IBrC), dan Indonesia Coffee in Good Spirits (ICGS) yang tahun ini didukung penuh oleh Rotaryana sebagai sponsor dengan memfasilitasi mesin-mesin professional yakni kopi Bezzera, mesin penggiling kopi Mazzer, dan mesin es Scotsman.



Visi dan misi serta semangat SCAI sebagai penyelenggara ICE 2023 dinilai selaras dengan Rotaryana untuk memperkuat industri kopi dan perdangan di Indonesia dari hulu hingga hilir. Rotaryana berharap melalui kompetisi nasional ICE 2023 dapat membawa nama baik kopi tanah air hingga ke kancah internasional serta meningkatkan industri kopi Indonesia.

“Kompetisi ini diharapkan menjadi sebuah langkah untuk memajukan perkopian di Indonesia tidak hanya dari segi kualitas dan kuantitas kopi namun juga dapat memberikan dampak serta energi positif bagi komunitas kopi di Tanah Air, tambah President Director Rotaryana, Karisma Kamdani.

ICE 2023 terbuka bagi seluruh para penggiat kopi yang ingin menjadi kompetitor di seluruh cabang kompetisi ICE 2023 yang dimulai dari skala daerah yakni ICE League wilayah timur dan barat. Di mana 24 kompetitor terbaik di kedua wilayah tersebut akan beradu keahlian kopi kembali di tingkat nasional.

ICE 2023 tingkat nasional tahun ini diadakan di dua lokasi, Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 dan Food Hotel Indonesia (FHI) 2023.

Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 Mei 2023 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran tidak hanya menghadirkan berbagai ekosistem kopi mulai dari coffee beans, peralatan & perkengkapan barista, point-of-sales (POS). Namun juga menghadirkan kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) 2023 dan Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2023 tingkat nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)