Tata Cara Sholat Hajat, Niat, Bacaan Doa dan Waktu Terbaik

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:37 WIB
loading...
Tata Cara Sholat Hajat, Niat, Bacaan Doa dan Waktu Terbaik
Siapa yang memiliki hajat (keinginan) kepada Allah, hendaklah ia melaksanakan sholat sunnah hajat 2 rakaat. Foto/SINDOnews
A A A
Sholat Hajat sering dikerjakan umat muslim ketika memiliki keinginan atau hajat dengan harapan dikabulkan Allah. Karena memang salah satu keutamaan sholat sunnah ini adalah mengabulkan hajat setiap muslim.

Dalam Kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dikutip hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi (279 H) dijelaskan:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ كَانَتْ لَهُ إِلَى اللَّهِ حَاجَةٌ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ بَنِيي آدَمَ، فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُحْسِنِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ لْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ لِيُثْنِ عَلَى اللَّهِ، وَلْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،…

Dari Abdullah bin Abu Aufa dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: "Seseorang yang memiliki hajat (keinginan) kepada Allah atau kepada manusia, hendaklah dia berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya, lalu melaksanakan shalat dua rakaat, memuji kepada Allah, membaca shalawat kepada Nabi ﷺ." (HR at-Tirmidzi)

Tata Cara Sholat Hajat
Untuk tata cara sholat Hajat sendiri tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah lain. Berikut penjelasan tentang tata cara, niat, doa dan waktu terbaik untuk melaksanakannya.

1. Niat dan Tata Cara Sholat Hajat
Niat ini dibacakan sebelum menunaikan sholat hajat. Bacaan niat untuk dua rakaatnya adalah sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat sholat Hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Untuk jumlah rakaat sholat hajat sendiri ini dapat dilakukan lebih dari dua, dengan jumlah maksimal adalah 12 rakaat menurut buku "Shalat Tahajud dan Shalat Hajat" oleh Mahmud asy-Syafrowi.

Setelah membaca niat, lanjutkanlah dengan gerakan dan bacaan sholat pada umumnya.
- Takbiratul ihraam
- Membaca Doa Iftitah
- Membaca Surat Al- Fatihah
- Membaca Surat Al-Qur'an
- Ruku
- Itidal
- Sujud
- Duduk di antara dua sujud
- Sujud kedua
- Berdiri mengulang rakaat pertama
- Duduk tasyahud awal di rakaat kedua bila melaksanakan sholat lebih dari dua rakaat
- Duduk tasyahud akhir pada akhir rakaat.

2. Doa Ketika Sholat Hajat
Membaca Doa Qunut Ketika I'tidal di Rakaat Terakhir

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdinii fii man hadait, wa‘aafini fii man 'aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baariklii fii maa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo 'alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait, fa lakal hamdu a'laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."

Berdoa Setelah Tasyahud Akhir dan Sebelum Salam
Ketika melaksanakan sholat, setelah membaca tasyahud akhir jangal langsung ditutup dengan salam. Alangkah baiknya bila terlebih dahulu berdoa. Doa yang dibacakan ini bisa apa saja, terutama yang berkaitan dengan hajat.

3. Doa Setelah Sholat Hajat
Berikut doa setelah Sholat Hajat lengkap dengan latin dan artinya:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil 'arsyil karimil 'azhim. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. As'aluka mujibati rahmatik, wa 'aza'ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada' li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Tuhan penguasa singgasana yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Aku Mohon kepada-Mu segala hal yang bisa menghadirkan rahmat-Mu dan dorongan kuat untuk mendapatkan ampunan-Mu, luapan segala kebajikan, dan keselamatan dari setiap dosa. Jangan Engkau biarkan dosa menghampiriku kecuali Engkau mengampuninya, jangan biarkan kesedihan menghinggapiku kecuali Engkau memberikan jalan keluarnya, dan tiada suatu hajat yang Engkau ridhai kecuali Engkau memenuhinya, wahai Dzat yang Maha Kasih di antara para pengasih."

4. Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Hajat
Sholat Hajat dapat dilakukan setiap waktu, namun waktu terbaik untuk melaksanakannya adalah setelah Sholat Isya dan sebelum waktu Subuh. Atau lebih spesifiknya adalah ketika sepertiga malam, karena menjadi salah satu waktu yang mustajab doa.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)