alexa snippet

Waspada, Dua Titik Longsor Terjadi di Jalur Puncak

Waspada, Dua Titik Longsor Terjadi di Jalur Puncak
Aparat saat memasang garis polisi di titik longsor di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Koran SINDO/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor, membuat sejumlah titik di ruas Jalan Raya Puncak mengalami longsor.  Kurang dari 24 jam, longsor terjadi di dua lokasi berbeda, terakhir pada pukul 06.30 WIB, Minggu (12/02/2017), tebing setinggi 5 meter ambrol menutup separuh bahu jalan utama di Kampung Pensiunan, RT 01/01, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kapolsek Cisarua Kompol Sujito mengatakan, hingga saat ini arus lalu lintas sudah kembali normal setelah petugas Satuan Lalu Lintas dan Polsek Cisarua membersihkan tumpukan tanah dan pepohonan yang sempat menutup jalur.

"Saat ini jalur sudah normal kembali jalur puncak diberlakukan dua arah lagi. Sedangkan untuk yang di Riung Gunung, Desa Tugu Selatan, Cisarua kejadiannya Sabtu (11/02/2017) sore, saat ini sudah diberi pembatas jalan dan garis polisi," katanya.

Sementara  itu, Kasat Lantas Polres Bogor Hasby Ristama mengatakan, longsor terjadi pada tebing setinggi sekitar 4 meter dan material tanah yang longsor menutup bahu hingga seperempat jalan utama.

"Kejadian ini  diakibatkan wilayah Cisarua secara geografis merupakan daerah perbukitan dengan kontur tanah yang labil, sehingga dengan turunnya hujan secara terus menerus berdampak pada tidak kuatnya tanah untuk menampung volume air hujan sehingga hal tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya longsor tanah," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada para pengendara roda dua maupun roda empat yang hendak melintas harus berhati-hati dan mengurangi kecepatannya saat melintas jalur itu

"Mengantisipasi peristiwa serupa, kami sudah berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan umum Pusat yang berada di Cibodas untuk segera mengirimkan alat berat berupa Louder dan Eksavator, agar  cepat merapikan dan menangani longsor di dua lokasi," jelasnya.

Terkait dengan longsor yang terjadi pada Sabtu, pihaknya sudah memasang pembatas jalan dan garis polisi di tempat kejadian perkara.
 
"Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja akibat kejadian tersebut tebing dan bahu jalan tergerus selebar kurang lebih 12 meter dengan panjang sekitar 30 meter dan tinggi sekitar 50 meter," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top