Bangun IPA di Tambun Utara, PDAM Tirta Bhagasasi Targetkan 20.000 Pelanggan Baru

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 11:21 WIB
loading...
Bangun IPA di Tambun Utara, PDAM Tirta Bhagasasi Targetkan 20.000 Pelanggan Baru
PDAM Tirta Bhagasasi membangun instalasi pengolahan air (IPA) di Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - PDAM Tirta Bhagasasi membangun instalasi pengolahan air (IPA) di Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi . Keberadaan IPA ini akan mampu melayani 16-20.000 pelanggan baru.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim mengatakan, pembangunan IPA ini bekerja sama dengan pihak ketiga sebagaimana diatur perundang-undangan yang berlaku.

"Kapasitas instalasi ini mencapai 200 liter per detik. IPA Tambun Utara akan melayani masyarakat di delapan desa. IPA tersebut juga mampu melayani 16.000 sampai 20.000 pelanggan baru," kata Usep pada Sabtu (12/8/2023).

Usep menuturkan, IPA ini dilengkapi reservoir kapasitas 2.500 meter kubik. Pembangunan IPA ini, telah melalui studi kelayakan sistem penyediaan air minum dalam bentuk kerja sama dengan skema B2B.

"Keberadaan IPA di Tambun Utara bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam penyediaan air minum curah, serta dalam rangka peningkatan akses pelayanan air minum perpipaan kepada masyarakat," tuturnya.

Menurut Usep, di sekitar IPA Tambun Utara ini terdapat sebanyak 60 kompleks perumahan, ditambah permukiman perkampungan yang berpotensi besar menjadi pelanggan.


Usep meyakini operasional IPA ini mampu menambah pelanggan baru dan memperluas cakupan pelayanan. Posisi saat ini, cakupan layanan air bersih di Kabupaten Bekasi baru 40 persen, dan akan terus ditingkatkan.

PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melayani air bersih untuk masyarakat Kota dan Kabupaten Bekasi. Di Kabupaten Bekasi, saat ini sudah 20 dari 23 kecamatan terlayani air bersih.

Demikian juga Kota Bekasi sebagian wilayah kecamatan, kebutuhan air bersih masih dilayani PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

Ditargetkan, pada akhir 2023 jumlah pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi ini sebanyak 420.000 sambungan langsung. Saat ini, jumlah pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi 300.000 sambungan langsung, dan merupakan terbesar dari PDAM se-Jawa Barat.

"Ditargetkan pada 2027 cakupan layanan air bersih ke masyarakat Kabupaten Bekasi mencapai 80%, semuanya bertujuan untuk memberikan pelayanan air bersih yang terbaik kepada masyarakat Bekasi," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)