Lanjutkan Normalisasi, 69 Bidang Tanah di Jaksel Akan Dibebaskan

Senin, 23 Januari 2017 - 17:26 WIB
Lanjutkan Normalisasi, 69 Bidang Tanah di Jaksel Akan Dibebaskan
Lanjutkan Normalisasi, 69 Bidang Tanah di Jaksel Akan Dibebaskan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera menormalisasikan Kali Krukut, Jakarta Selatan. Sedikitnya ada 69 bidang tanah yang akan dibebaskan sepanjang 2017.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mengatakan, program normalisasi Kali Krukut yang melintasi 16 kelurahan di Jakarta Selatan akan diselesaikan sepanjang 2017. Mundurnya perencanaan normalisasi pada 2016 dikarenakan terkendala pembebasan lahan. Padahal, kondisi kali saat ini hanya tingal 2-3 meter dari sebelumnya mencapai 20 meter.

"Jadi terjadi peroses penyempitan, ini sangat luar biasa inilah kenapa menyebabkan Kemang dan seterusnya banjir. Kemudian belum ada anggaran penertiban dan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait pembebasan lahan," kata Soni di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2017).

Soni menjelaskan, dari total 186 bidang, 17 di antaranya sudah berhasil diselesaikan. Saat ini hanya sekitar 69 bidang yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI untuk dibebaskan. Dia berharap, agar pembebasan lahan berjalan sesuai rencana dan banjir bisa diminimalisir.

Adapun anggaran yang disiapkan, dia menyebutkan, sekitar Rp200 miliar. Namun, itu bentuknya glondongan yang juga digunakan untuk normalisasi Kali Pesangrahan dan Krukut. Menurutnya, anggaran tersebut tentunya tidak cukup untuk membebaskan keseluruhan bidang tanah di tiga kali tersebut.

"Totalnya enggak cukup Rp200 milliar. Saya yakin Rp500 miliar untuk pembebasan lahan masih tenggelam juga. Ini persoalannya takut kalau gede-gede enggak terealisir, yang kemarin saja beberapa sekmen enggak terealisir, hasil upahnya terlau tinggi. Jadi ini adalah perhitungan yang memungkinkan yang bisa untuk dibebaskan. Kita dahulukuan dahulu yang sudah bisa dibayar," tegasnyaā€ˇ.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3759 seconds (0.1#10.140)