alexa snippet

Anies Cucu Pejuang Kemerdekaan Abdurrahman Baswedan

Anies Cucu Pejuang Kemerdekaan Abdurrahman Baswedan
Cagub DKI nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan merupakan putra dari pasangan Aliyah Rasyid serta Rasyid Baswedan. Anies lahir pada tanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat.

Cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan ini juga pernah ditunjuk jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2014. Hal itu lantaran cagub yang didukung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mempunyai wawasan di bidang pendidikan.

Sang ayah Rasyid Baswedan merupakan mantan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) dan ibunya bernama Aliyah merupakan guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Anies mulai bersekolah pada umur 5 tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Masjid Syuhada. Di usia 6 tahun Anies masuk SD Laboratori, Yogyakarta.

Setelah lulus SD, Anies melanjutkan jenjang pendidikannya ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Yogyakarta. Saat berseragam 'putih biru', Anies aktif dalam Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan menjabat sebagai bidang Hubungan Masyarakat (Humas).

Ada hal unik saat dirinya menjabat sebagai Humas OSIS, ia dijuluki sebagai seksi kematian. Pasalnya, tugas seorang humas salah satunya adalah mengumumkan kabar duka cita di lingkungan SMPN 5 Yogyakarta.

Di akhir masa sekolahnya, ia ditunjuk sebagai ketua panitia acara tutup tahun di sekolahnya itu. Setelah lulus dari SMP N 5 Yogyakarta, Anies melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Yogyakarta.

Tahun 1985 Anies dipilih menjadi wakil ketua Organisasi Intra Sekolah atau OSIS SMA 2 Yogkakarta. Pada tahun itu dia mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama 300 ketua OSIS Indonesia dan dipilih menjadi ketua OSIS se-Indonesia.



(mhd)
loading gif
Top