KPU Siapkan 7,2 Juta Surat Suara untuk Pilgub DKI

Rabu, 11 Januari 2017 - 17:18 WIB
KPU Siapkan 7,2 Juta Surat Suara untuk Pilgub DKI
KPU Siapkan 7,2 Juta Surat Suara untuk Pilgub DKI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan mendistribusikan 7,2 juta surat suara ke lima wilayah kota dan satu kabupaten di Jakarta. Jumlah surat suara sebanyak 7,2 juta ini berdasarkan dari hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Sebanyak 7.292.619 surat suara yang kita siapkan nanti akan disebar," kata Ketua Bidang Logistik KPU DKI, M. Fadlillah di Kantor KPU DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Saat ini jutaan surat suara itu tengah dalam proses cetak di Makassar, Sulawesi Selatan dan sampai di Jakarta pada 24 Januari 2017 mendatang.

Ketua KPU DKI Sumarno menambahkan, distribusi surat suara nantinya akan diprioritaskan ke Kepulauan Seribu. Hal ini dikarenakan jarak yang cukup jauh dan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

"Dari wilayah geografis kita dahulukan Kepulauan Seribu. Karena kita mempertimbangkan cuaca. Kalau di Jakarta paling macetnya saja," ujar Sumarno.

Untuk pengamanan sendiri, Sumarno memastikan dapat bantuan dari TNI Polri untuk pendistribusian. "TNI dan Polri sudah siap membantu. Dari Pemerintah Daerah juga. Tinggal kita laksanakan sesuai peraturan yang ada," kata Sumarno.

Sementara itu, surat suara sendiri surat terlihat. Surat suara berisi foto dan nama paslon dari nomor urut satu dan nomor urut tiga. Nantinya untuk warga tuna netra akan dibantu dengan kertas yang sudah ditulis dengan huruf brailee. Sehingga memudahkan warga tuna netra untuk memilih pilihannya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7414 seconds (0.1#10.140)