10 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Ginjal, Nomor 5 Bisa Mematikan

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:53 WIB
loading...
10 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Ginjal, Nomor 5 Bisa Mematikan
Kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal sebaiknya dihindari. Gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal atau gagal ginjal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal sebaiknya dihindari. Selain penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal atau gagal ginjal secara signifikan.

Penting untuk berolahraga secara teratur, makan sehat, hindari merokok dan minum alkohol, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dan minum jumlah air yang diperlukan untuk menjaga ginjal Anda dalam kondisi yang baik.

Meskipun kerusakan ginjal tidak terjadi dalam semalam tetapi Anda perlu mengubah kebiasaan untuk menjaga kesehatan ginjal. Terlebih, penyakit ginjal termasuk gagal ginjal bisa diidap siapa saja.

Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Ginjal



Berikut kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal dilansir dari Hindustan Times, Senin (7/8/2023).



1. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit


Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas (OTC) dan suplemen kesehatan pembentukan tubuhdapat menjadi penyebab gagal ginjal. Jika Anda menggunakannya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala atau radang sendi, disarankan untuk segera menghentikannya.

2. Konsumsi Garam Berlebihan


Sering menggunakan garam yang berlebihanmenimbulkan ancaman bagi ginjal karena tidak hanya menghasilkan beban natrium yang berlebihan tetapi juga menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk fokus makan makanan segar, rendah natrium alami seperti kembang kol, blueberry, makanan laut, dan biji-bijian sehat.

3. Makan Makanan Olahan


Konsumsi makanan olahan berbahaya. Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Pasien dengan penyakit ginjal harus menahan diri dari makan makanan kemasan. Mengonsumsi fosfor tinggi, makanan olahan dapat merusak ginjal dan tulang.

4. Makan Banyak Gula


Makan terlalu banyak guladapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, yang mengakibatkan gagal ginjal. Jadi hentikan asupan gula. Juga, hindari konsumsi biskuit, sereal, dan roti putih secara teratur karena semuanya mengandung gula.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)