Di Tengah Pandemi, RPTRA Semper Kembangkan Tanaman Hidroponik

Rabu, 29 Juli 2020 - 13:31 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, RPTRA Semper Kembangkan Tanaman Hidroponik
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh, Semper, Cilincing, Jakarta Utara, yang berhasil memanen ratusan sayuran pakcoy dan selada dari sistem hidroponik. Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 , banyak cara dilakukan masyarakat untuk tetap produktif. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di sekitar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh, Semper, Cilincing, Jakarta Utara, yang berhasil memanen ratusan sayuran pakcoy dan selada dari sistem hidroponik.

Lurah Semper Barat, Benhard Sihotang mengatakan, media tanam hidroponik memiliki berbagai keunggulan di antaranya masa panen tergolong cepat dan tidak membutuhkan lahan yang luas.Tak hanya itu, kata dia, kualitas sayuran yang dihasilkan juga sangat baik. ( )

"Memasuki masa panen kita panen 300 pot sayuran pakcoy dan 100 pot sayuran selada. Untuk satu potnya kita jual Rp3.000 dan biasanya pembeli yang merupakan warga sekitar datang langsung untuk mengambil sayurannya," kata Benhard, Rabu (28/7/2020).

Melihat keberhasilan panen sayuran hidroponik tersebut, Benhard akan mengembangkan media tanam hidroponik dengan menggerakan delapan RPTRA lainnya agar memenuhi jumlah produksi sesuai permintaan pasar swalayan modern.

"Pihak kelurahan bersama pengelola RPTRA akan bekerjasama mengembangkan tanaman hidroponik di wilayah Kelurahan Semper Barat," ujarnya. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)