alexa snippet

Dishub Wacanakan PT Transjakarta Kelola Transportasi Laut

Dishub Wacanakan PT Transjakarta Kelola Transportasi Laut
Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah.Foto/SINDONews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Disuhbtrans) DKI Jakarta berencana memberikan pengelolaan transportasi laut kepada PT Transjakarta.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menertibkan kapal-kapal tradisional yang telah memiliki izin namun tak laik laut di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara. Selain itu, Dishub juga akan menertibkan proses pembelian tiket bagi penumpang kapal tradisional.

Andri mengungkapkan, Dishub memiliki rencana memberikan pengelolaan transportasi laut di Jakarta kepada PT Transjakarta selaku BUMD Pemprov DKI. "Kita sedang kaji apakah bisa PT Transjakarta masuk untuk mengelola transportasi laut. Apa sih yang harus dibutuhkan, berapa PSO yang dibutuhkan untuk meng-cover semuanya. Itu kan penting misalkan dari Senin sampai Jumat berapa jumlah penumpangnya sekian, Sabtu dan Minggu berapa sekian," ungkap Andri kepada wartawan, Rabu, 4 Januari 2017 kemarin.

Andri menuturkan, bila PT Transjakarta mengelola transportasi laut, nantinya para nakhoda dan yang terlibat dalam kapal tersebut akan dibayar rupiah per mil. Namun, itu akan dilakukan jika pengusaha kapal sudah memiliki badan hukum bukan perorangan.

"Kita akan secara intensif memanggil pemilik kapal. Koperasi ada banyak. Karena koperasi dibuat oleh pemilik kapal. Setelah terbentuk koperasi, kita akan mengajarkan manajemen ( memilih pemimpin)," tegasnya.



(whb)
loading gif
Top