alexa snippet

Plt Gubernur DKI Lantik 5.046 Pejabat di Monas

Plt Gubernur DKI Lantik 5.046 Pejabat di Monas
Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melantik 5.046 pejabat eselon II, III, dan IV Pemprov DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melantik 5.046 pejabat eselon II, III, dan IV Pemprov DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kepada ribuan pejabat yang dilantik di Silang Monas, Sumarsono berpesan agar memperbaiki pelayanan publik dan sistem kerja mereka masing-masing. "Susunan yang baru sudah lebih ramping, kerjanya pun harus lebih gesit," kata pria yang akrab disapa Soni, Rabu (3/1/2017).

Soni menjelaskan pelantikan ini bertujuan menata ulang susunan perangkat daerah dan mengubah agar jumlahnya menjadi proporsional. "Prinsipnya, tepat fungsi dan tepat ukuran berdasarkan beban kerja sebenarnya," kata Dirjen Otda Kemendagri itu.

Seperti yang diketahui pelantikan ini berdasar dari Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Susunan Perangkat Daerah yang disahkan Desember lalu serta merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. PP tersebut memerintahkan kepada Pemerintah Daerah untuk merampingkan struktur jabatan di daerahnya dengan tujuan efisiensi.

Lebih lanjut, dari susunan perangkat baru yaitu 42 perangkat daerah, dengan menggusur total 952 jabatan eselon II, III, dan IV. Hilangnya jabatan itu membuat anggaran daerah hemat Rp11,19 miliar per bulan dan Rp134,3 miliar per tahun karena hilangnya tunjangan kinerja dan tunjangan jabatan.

Beberapa nama pejabat yang mendapat promosi, demosi, rotasi, dan downgrade sebagai berikut:

- Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI, Agus Bambang downgrade ke TGUPP.

- Wakil DPP DKI Edi Sumantri menjadi Kepala DPP DKI.

- Kepala Dinas Olahraga dan Kepemudaan (Disorda) Firmansyah downgrade ke TGUPP.

- Ratiyono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjadi Kadisorda.

- Darwis Muhammad Aji, Kabid Pembinaan Ideologi dan Kebangsaan Kesbangpol, menjadi Kepala Badan Kesbangpol.

- Isnawa Adji, Kepala Dinas Kebersihan menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Penggabungan 2 SKPD Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah dan Dinas Kebersihan menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

- Asisten Administrasi dan Keuangan Sekda Pemprov DKI, Mara Oloan Siregar, dicopot, karena jabatannya dihapus dari struktural dan telah memasuki masa pensiun.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top