5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan

Senin, 31 Juli 2023 - 14:29 WIB
loading...
5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan
Kristen merupakan agama mayoritas di Denmark. Foto/Reuters
A A A
KOPENHAGEN - Denmark dikenal sebagai negara di mana banyak warganya mengklaim dirinya sebagai ateis. Namun, agama tetap menjadi hal signifikan di Denmark.

Apalagi, Denmark menganut sistem monarki konstitusional di mana menjadikan agama Kristen sebagai landasan untuk kekuasaan.

Berikut adalah 5 agama terbesar di Denmark.

1. Kristen (72%)

5 Agama Warga Negara Denmark, Mayoritas Pendeta Adalah Perempuan

Foto/Reuters

Melansir denmark.dk, di Denmark, 72% populasi terdaftar sebagai anggota Gereja Lutheran Injili. Tapi kurang dari seperlima orang Denmark menganggap diri mereka "sangat religius".

Kekristenan telah membentuk budaya Denmark, dan pedesaan Denmark tetap dihiasi dengan gereja-gereja tradisional. Sebagian besar kota Denmark menawarkan berbagai gereja yang mencakup gereja negara Injil Lutheran serta jemaat Katolik dan Pentakosta.

Namun, hanya sedikit orang Denmark yang pergi ke gereja secara teratur. Nyatanya, banyak yang pergi hanya setahun sekali - biasanya pada Malam Natal.



Gereja masih populer untuk menandai peristiwa kehidupan, seperti pembaptisan, pernikahan, dan pemakaman. Banyak orang Denmark juga memilih untuk membayar "pajak gereja" opsional yang diperlukan untuk dapat mengadakan acara di gereja negara, serta untuk mendukung pemeliharaan gedung gereja yang indah, beberapa berasal dari Abad Pertengahan (1100- 1200AD).

Di banyak daerah, gereja juga berfungsi sebagai pusat komunitas. Sekelompok orang tua baru bertemu di gereja dengan bayi mereka untuk musik "nyanyian mazmur bayi", para remaja mempersiapkan konfirmasi dan merencanakan pesta, dan orang tua bertemu untuk minum kopi dan kue.

Menariknya, lebih dari 55% pendeta di gereja negara adalah wanita.

Roskilde-CathedralRoskilde Cathedral - situs Warisan Dunia UNESCO. Gereja dikenal sebagai gereja yang menampung lebih banyak kuburan Raja dan Ratu daripada gereja lain mana pun di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)