Bantu Taiwan Hadapi China, AS Kucurkan Bantuan Militer Rp5,2 T

Sabtu, 29 Juli 2023 - 07:26 WIB
loading...
Bantu Taiwan Hadapi China, AS Kucurkan Bantuan Militer Rp5,2 T
Bantu Taiwan hadapi China, AS kucurkan bantuan militer Rp5,2 triliun. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada Jumat waktu setempat mengumumkan bantuan militer senilai USD345 juta atau sekitar Rp5,2triliununtuk Taiwan . Ini merupakan paket bantuan dalam jumlah besar pertama pemerintahan Presiden Joe Biden yang ditarik dari cadangan Amerika sendiri untuk membantu Taiwan melawan China .

Dilansir dari AP, Sabtu (29/7/2023), pengumuman Gedung Putih mengatakan paket itu akan mencakup pertahanan, pendidikan dan pelatihan untuk Taiwan. Menurut dua pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas masalah-masalah sensitif menjelang pengumuman, Washington akan mengirimkan sistem pertahanan udara portabel manusia, atau MANPADS, kemampuan intelijen dan pengawasan, senjata api dan rudal.

Anggota parlemen AS telah menekan Pentagon dan Gedung Putih untuk mempercepat pengiriman senjata ke Taiwan. Tujuannya adalah untuk membantunya melawan China dan untuk mencegah China mempertimbangkan untuk menyerang, dengan menyediakan persenjataan yang cukup di Taipei sehingga biaya invasi menjadi terlalu tinggi.

Paket tersebut merupakan tambahan dari hampir USD19 miliar penjualan jet tempur F-16 dan sistem senjata utama lainnya yang telah disetujui AS untuk Taiwan. Pengiriman senjata-senjata itu terhambat oleh masalah rantai pasokan yang dimulai selama pandemi Covid-19 dan diperburuk oleh tekanan basis industri pertahanan global yang diciptakan oleh invasi Rusia ke Ukraina.



Perbedaannya adalah bahwa bantuan ini merupakan bagian dari otoritas presiden yang disetujui oleh Kongres tahun lalu untuk menarik senjata dari stok militer AS saat ini sehingga Taiwan tidak perlu menunggu produksi dan penjualan militer. Ini membuat senjata dikirimkan lebih cepat daripada menyediakan dana untuk senjata baru.

Pentagon telah menggunakan otoritas serupa untuk mengirimkan amunisi bernilai miliaran dolar ke Ukraina.

Terkait pengiriman bantuan militer ini, juru bicara kedutaan China di Washington, Liu Pengyu, dalam sebuah pernyataan mengatakan Beijing dengan tegas menentang hubungan militer AS dengan Taiwan.

"AS harus berhenti menjual senjata ke Taiwan dan berhenti menciptakan faktor baru yang dapat menyebabkan ketegangan di Selat Taiwan," kata Liu.

Taiwan berpisah dari China pada tahun 1949 di tengah perang saudara. Presiden China Xi Jinping mempertahankan hak China untuk mengambil alih pulau yang sekarang memiliki pemerintahan sendiri itu, dengan kekerasan jika perlu. China menuduh AS mengubah Taiwan menjadi "tong mesiu" melalui penjualan senjata miliaran dolar yang telah dijanjikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)