Benarkah Gula Darah Tinggi Sudah Pasti Diabetes? Ini Faktanya

Rabu, 26 Juli 2023 - 19:44 WIB
loading...
Benarkah Gula Darah Tinggi Sudah Pasti Diabetes? Ini Faktanya
Banyak orang percaya bahwa memiliki gula darah tinggi sudah pasti mengidap diabetes. Namun faktanya, gula darah tinggi bisa disebabkan banyak faktor risiko. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa memiliki gula darah tinggi sudah pasti mengidap diabetes . Namun faktanya, gula darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak faktor risiko.

Ini artinya, mereka yang mengalami gula darah tinggi tidak selalu menandakan seseorang mengidap diabetes . Pada dasarnya, gula darah tinggi paling sering terjadi akibat kekurangan insulin.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Rabu (26/7/2023) kondisi ini bisa terjadi karena resistensi insulin dan atau masalah dengan pankreas, yakni organ yang membuat insulin.

Hormon lain juga dapat berkontribusi pada perkembangan gula darah tinggi. Kelebihan kortisol atau hormon stres atau hormon pertumbuhan, misalnya, dapat menyebabkan gula darah tinggi.



Selain itu, situasi tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah Anda untuk sementara. Kondisi ini dapat menyebabkan gula darah tinggi pada orang dengan dan tanpa diabetes.

Stres fisik, riwayat keluarga, pembedahan, atau cedera, dapat meningkatkan gula darah untuk sementara. Stres emosional akut, seperti mengalami trauma atau stres terkait pekerjaan, juga dapat meningkatkan gula darah.

Ini karena tubuh melepaskan kortisol dan atau epinefrin (adrenalin). Penyakit berat, kondisi medis kronis, genetik, dan penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan gula darah tinggi.

Begitu juga faktor gaya hidup tertentu, seperti pola makan dan tingkat olahraga bisa membuat gula darah tinggi. Selain itu, gula darah tinggi pada bukan penderita diabetes dapat terjadi sebagai awal dari diabetes, atau pradiabetes.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)