Daftar Lengkap Juara Dunia Tinju di Setiap Kelas Per Juli 2023

Rabu, 26 Juli 2023 - 18:01 WIB
loading...
Daftar Lengkap Juara Dunia Tinju di Setiap Kelas Per Juli 2023
Daftar Lengkap Juara Dunia Tinju di Setiap Kelas Per Juli 2023. Foto: Kolase/SB
A A A
JAKARTA - Daftar lengkap juara dunia tinju di masing-masing kelas ada di artikel ini. Salah satunya Monster KO Naoya Inoue yang baru saja meraih sabuk juara dunia kelas bantam super WBC/WBO.

Dalam olahraga tinju, petinju dibagi ke dalam beberapa kelas berdasarkan berat tubuh mereka. Hal ini dilakukan untuk menciptakan pertandingan yang seimbang dan adil, mengingat perbedaan berat badan dapat berpengaruh pada kekuatan, kecepatan, dan daya tahan.

Kelas Ringan Minimum (Minimumweight):


Pemegang gelar kelas ringan minimum saat ini adalah Thammanoon Niyomtrong (WBA), Panya Pradabsri (WBC), Daniel Valladares (IBF), dan Oscar Collazo (WBO).

Kelas terbang mini atau ringan minimum adalah kelas terendah dalam tinju profesional, di mana petinju memiliki berat maksimal 47,63 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Minimumweight" atau "Strawweight" dalam beberapa kompetisi. Meskipun petinju di kelas ini lebih ringan, mereka memiliki teknik tinju yang luar biasa dan menawarkan pertandingan yang menarik.

Kelas Terbang (Flyweight):


Pemegang sabuk juara dunia kelas terbang saat ini adalah Artem Dalakian (WBA), Julio Cesar Martinez (WBC), Sunny Edwards (IBF), Jesse Rodriguez (WBO).

Kelas terbang adalah kelas di atas kelas ringan minimum, di mana atlet- atlet memiliki berat tubuh antara 47,63 kg hingga 50,8 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Flyweight." Petinju di kelas ini memiliki kecepatan dan ketangkasan yang tinggi dan menawarkan pertandingan dengan pergerakan yang cepat dan akurat.

Kelas Bantam (Bantamweight):


Pemegang sabuk juara kelas bantam saat ini adalah Takuma Inoue (WBA), Jason Moloney (WBO).

Kelas bulu adalah kelas di atas kelas terbang, di mana petinju memiliki berat tubuh antara 50,8 kg hingga 53,52 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Bantamweight." Petinju di kelas ini biasanya memiliki kombinasi antara kecepatan dan daya pukul yang membuat pertandingan menjadi menarik.

Kelas Bantam Super (Super Bantamweight):


Pemegang sabuk juara kelas bantam super saat ini adalah Marlon Tapales (WBA, IBF), Naoya Inoue (WBC, WBO).

Kelas bantam super dalam tinju adalah kategori berat yang berada di atas kelas bantam, tetapi di bawah kelas bulu. Para atlet dalam kelas ini memiliki batas berat tubuh antara 55,34 kg hingga 57,15 kg. Kelas bantam super menampilkan pertandingan yang menarik dengan kombinasi kecepatan, ketangkasan, dan kekuatan yang luar biasa.

Kelas Bulu (Featherweight):


Pemegang sabuk juara kelas bulu saat ini adalah Leigh Wood (WBA), Rey Vargas (WBC), Luis Alberto Lopez (IBF), Robeisy Ramírez (WBO).

Kelas terbang 2 adalah kelas di atas kelas bulu, di mana atlet-atlet memiliki berat tubuh antara 53,52 kg hingga 57,15 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Featherweight." Atlet- atlet di kelas ini biasanya memiliki daya pukul yang lebih besar daripada kelas sebelumnya.

Kelas Ringan (Lightweight):


Pemegang sabuk kelas ringan saat ini adalah Devin Haney, Gervonta Davis (WBA), Devin Haney (WBC, IBF, WBO).

Kelas ringan adalah kelas di atas kelas terbang 2, di mana petinju memiliki berat tubuh antara 57,15 kg hingga 61,23 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Lightweight." Petinju di kelas ini memiliki daya pukul dan ketahanan yang baik.

Kelas Ringan Super (Super Lightweight):


Pemegang sabuk kelas super ringan saat ini adalah Héctor García (WBA), O'Shaquie Foster (WBC), Joe Cordina (IBF), Emanuel Navarrete (WBO).

Kelas ringan super adalah kelas di atas kelas ringan, di mana atlet-atlet memiliki berat tubuh antara 61,23 kg hingga 63,5 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Light Welterweight." Atlet-atlet di kelas ini memiliki daya pukul yang kuat dan pertandingan yang menarik.

Kelas Welter (Welterweight):


Pemegang sabuk kelas welter saat ini adalah Errol Spence Jr, Eimantas Stanionis (WBA), Errol Spence Jr. (WBC, IBF), Terence Crawford (WBO)

Kelas welter adalah kelas di atas kelas super ringan, di mana atlet- atlet memiliki berat tubuh antara 63,5 kg hingga 66,68 kg. Kelas ini juga dikenal sebagai "Welterweight." Petinju di kelas ini memiliki kombinasi antara daya pukul dan ketahanan yang luar biasa.

Kelas Ringan 2 (Light Middleweight):


Pemegang sabuk juara jelas ringan Canelo Álvarez (WBA, WBC, IBF, WBO).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0680 seconds (0.1#10.140)