Megawati Beri Tantangan BKKBN Turunkan Angka Stunting Jadi 0% dalam 13 Tahun ke Depan

Senin, 17 Juli 2023 - 19:06 WIB
loading...
Megawati Beri Tantangan BKKBN Turunkan Angka Stunting Jadi 0% dalam 13 Tahun ke Depan
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan tantangan kepada BKKBN untuk menurunkan angka stunting menjadi 0% dalam rentang waktu 13 tahun ke depan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan tantangan kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menurunkan angka stunting menjadi 0% dalam rentang waktu 13 tahun ke depan.

Menurut Megawati, hal itu menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencapai bonus demografi Indonesia menuju negara maju. Hal itu disampaikan Megawati dalam acara Penghargaan Penggerak Cegah Stunting di Jakarta, Senin (17/7/2023).



"Ayo Pak Hasto (Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN). Sekarang berapa jumlahnya persentase stunting? 21,6 persen kan. Dalam 13 tahun bisakah jadi 0 persen? Ayo, ini tantangan loh," ujar Megawati.

Megawati pun meminta semua pihak untuk bekerja dan bergotong royong agar angka stunting 0% itu bisa tercapai. Karena, kata dia, kemajuan sebuah bangsa bisa terwujud lewat sumber daya manusia yang unggul.

"Coba bayangkan. Jadi kapan kita mau maju kapan? 13 tahun loh adik-adik," kata Megawati kepada audiens dari kalangan mahasiswa di acara tersebut.

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini juga menyinggung soal program BKKBN untuk mencegah stunting pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).

Megawati menilai bahwa program itu bisa dikembangkan menjadi 2.000 hari pertama. Sebab, memonitor tumbuh kembang anak agar tidak stunting perlu diperhatian lebih detail.

"Saya hitungnya itu kalau Pak Hasto bilang dari jadi 1.000 hari (HPK), kalau saya dari jadi 2.000 hari. Supaya apa, saya bisa lihat monitoring, oh ini anak koyo opo," tutur Megawati.

Sebelumnya, dalam acara ini Megawati menerima penghargaan sebagai Inspirator dan Penggerak Cegah Stunting di Indonesia.



Selain Megawati, ada sejumlah tokoh yang menerima penghargaan yaitu Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi serta Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)