alexa snippet

2019, Jalur KRL Citayam-Parung Panjang Dibangun

2019, Jalur KRL Citayam-Parung Panjang Dibangun
Foto/SINDOphoto/Ilustrasi
A+ A-
BOGOR - Pemkab Bogor mempersiapkan jalur baru untuk Kereta Rel Listrik (KRL) rute Citayam-Parung Panjang. Ini dilakukan bagian dari mendukung permasalahan transportasi di Ibu Kota.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika menjelaskan, rencana ini merupakan dukungan untuk pengembangan wilayah baru dan sempat dibahas oleh pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretapian, Kementerian Perhubungan pada 2011.

Menurut Ajat, pengembangan itu dilakukan di tiga wilayah, yakni Kabupaten Bogor, Jawa Barat; Tangerang dan Lebak, Banten. "Jalur KRL Citayam-Parung Panjang rencananya memiliki panjang lintasan  29 kilometer," kata Ajat kepada wartawan Jumat, 28 Oktober 2016 kemarin.

Ajat menutukan,, rute baru KRL Citayam-Parung panjang ini dianggap dapat mengurangi kepadatan di kawasan Ibu Kota, Jakarta. Sehingga, bagi masyarakat yang akan menuju Parung Panjang maupun sebaliknya akan lebih mudah serta tidak harus ke Jakarta dulu.

"Rute ini akan mengurangi kepadatan masyarakat yang menuju Jakarta, serta membantu perkembangan interline Jakarta melalui mode trasportasi massal seperti ini," terangnya.

Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor Subiantoro mengungkapkan, sudah menyiapkan konsep park and ride atau penampungan kendaraan  di stasiun untuk menunjang rute transportasi massal. Soebiantoro memaparkan jalur tersebut bakal menghubungkan antara Citayam-Parung Panjang dan Citayam-Nambo.

"Kabar terakhir, rencana pengembangan transportasi itu, ditarget 2019 mendatang, KRL ini sudah terealisasikan," katanya.



(whb)
loading gif
Top