Presiden Jokowi Jenguk Cak Nun, Disambut Novia Kolopaking

Minggu, 09 Juli 2023 - 13:37 WIB
loading...
Presiden Jokowi Jenguk Cak Nun, Disambut Novia Kolopaking
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu istri Cak Nun, Novia Kolopaking di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, Minggu (9/7/2023) pagi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyempatkan diri menjenguk Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun di sela kegiatannya di Yogyakarta, Minggu (9/7/2023) pagi. Cukup singkat Presiden Jokowi menjenguk Pimpinan Kiai Kanjeng di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta.

Cak Nun kini masih dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr Sardjito setelah mengalami pendarahan otak. Budayawan ini belum diperkenankan untuk dijenguk di dalam ruangan.

Pada Sabtu (8/7/2023) malam, Presiden Jokowi menginap di Gedung Agung Yogyakarta. Kemudian Presiden Jokowi berangkat dan tiba di RSUP Dr Sardjito sekitar pukul 10.00 WIB.





Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Jokowi kemudian langsung menuju ruang Cak Nun dirawat yaitu di Gedung Bedah Sentral Terpadu RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Namun Jokowi tidak diperkenankan masuk ke dalam ruang perawatan. Jokowi hanya ditemui oleh perwakilan keluarga Cak Nun. Jokowi hanya ditemui oleh istri Cak Nun, Novia Kolopaking dan anak. Pertemuannya pun cukup singkat hanya singkat sekira 15 menit.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan membenarkan bahwa Presiden Jokowi datang untuk membesuk Cak Nun. Namun kunjungannya hanya singkat dan tidak bisa bertatap muka dengan Cak Nun.

"Beliau hanya ditemui keluarga Cak Nun yaitu istri dan anaknya," kata Banu ditemui usai kunjungan Jokowi, Minggu (9/7/2023).

Pratikno pun membenarkan kunjungan tersebut. Jokowi melakukan kunjungan ke RSUP Dr Sardjito dalam kapasitasnya menjenguk Emha Ainun Najib. "Kunjungan beliau sekitar 15 menitan dan bertemu dengan istri Mbak Via dan putranya Mas Sapto," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Cak Nun dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Setelah ia tak sadarkan diri sesaat setelah bangun tidur pada Kamis (6/7/2023) pagi.

Kolega menduga Cak Nun mengalami kelelahan, mengingat aktivitasnya yang padat dan faktor usia yang memang sudah tak lagi muda. Karena beberapa hari sebelumnya dia melakukan pementasan hingga tengah malam.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)