PAN Ingin Satu Pilihan dan Perjuangan dengan Golkar di Pilpres 2024

Minggu, 09 Juli 2023 - 08:15 WIB
loading...
PAN Ingin Satu Pilihan dan Perjuangan dengan Golkar di Pilpres 2024
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya ingin satu pilihan dan satu perjuangan dengan Partai Golkar pada Pilpres 2024. Foto/Instagram Viva Yoga Mauladi
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional ( PAN ) ingin satu pilihan dan satu perjuangan dengan Partai Golkar pada Pilpres 2024. Partai berlambang matahari itu belum memutuskan calon presiden (capres) yang mereka dukung.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menegaskan, partainya belum memutuskan langkah arah dukungan terhadap capres dan calon wakil presiden (cawapres). "PAN saat ini belum menetapkan secara resmi nama calon presiden/calon wapres di Pilpres 2024," ujar Yoga saat dihubungi, Sabtu (8/7/2023).

Sikap itu sekaligus menanggapi pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut pihaknya tengah berkomunikasi dengan partai politik lain yang ingin bergabung untuk mendukung Ganjar Pranowo. Bahkan, Golkar, PKB, dan PAN disebut menjadi parpol prioritas yang didekati untuk menjajaki kerja sama.





Yoga menjelaskan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akam memutuskan sikap partainya dalam Pilpres 2024. Hal itu sebagaimana dari hasil Rakernas PAN 2020.

"Nanti pada waktu yang tepat, Bang Zulkifli Hasan akan mengumumkan secara resmi," ucap Yoga.

Dia membeberkan sejumlah pertimbangan PAN dalam menentukan kerja sama politik di Pilpres 2024. Pertama, PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah dalam rangka melanjutkan program pembangunan nasional saat ini.

Kedua, sambungnya, PAN tidak mau mengalami kekalahan ketiga kalinya. Dia menuturkan, calon yang akan didukung PAN adalah figur yang diprediksi dapat memenangi pilpres meskipun prediksi dari lembaga survei hasilnya bervariasi.

Kendati demikian, kata dia, PAN juga memotret realitas sosial tentang preferensi pemilih di pilpres sehingga dapat menganalisis lebih akurat lagi. "Ketiga, PAN akan berdiskusi dengan Golkar yang belum juga menetapkan secara resmi nama calon. PAN berkeinginan agar seiring sejalan, satu pilihan dan satu perjuangan dengan Golkar di Pilpres 2024 ini," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)