alexa snippet

Dokter Pertama di Depok Ini Datangi Pasien Menggowes Sepeda

Dokter Pertama di Depok Ini Datangi Pasien Menggowes Sepeda
Marlie Sudira memegang foto sang suami dr Karundeng. Dokter Karundeng merupakan dokter pertama di Kota Depok.(r ratna purnama/SINDOnews)
A+ A-
DOKTER John Wilhem Karundeng, dokter pertama di Kota Depok sejak kecil memang berkeinginan besar menjadi dokter. Keinginan dokter Karundeng ini timbul saat melihat sang adik meninggal dunia karena lambatnya penanganan dari dokter.

Marlie Sudira (69) istri dokter Karundeng mengatakan, suami tercintanya pernah bercerita, sejak kecil memang ingin menjadi dokter lantaran melihat sang adik meninggal dunia karena terlambat mendapat penanganan dokter. "Sejak saat itu suami saya cita-citanya ingin jadi dokter," cerita Marlie kepada Sindonews di rumahnya Minggu, 18 September 2016 kemarin.

Menurut Marlie, semasa hidupnya dr Karundeng adalah sosok pejuang. Dokter Karundeng pernah menjadi tentara PETA pada saat zaman sebelum kemerdekaan. "Sempat ikut PETA sebagai pejuang. Suami juga pernah menjadi Ketua Legiun Veteran Indonesia Kota Depok," ujarnya.

Marlie menuturkan, suaminya adalah sosok yang saba dan selalu bekerja selama 24 jam. Suatu waktu pada dini hari, suaminya datang ke tempat pasien di Parung dengan menggowes sepeda. "Suami saya selama tugasnya hampir 24 jam melayani pasien, ada panggilan dia langsung datang. Ada yang ingin melahirkan langsung datang. Sibuk sekali memang. Menurut suami saya bisa mengobati orang itu kepuasan batin sendiri," tuturnya.

Kini dr Karundeng telah meninggalkan keluarga dan masyarakat Depok. Dokter Karundeng meninggal dunia di usia 62 tahun pada 1995 lalu karena serangan jantung. Selanjutnya atas saran Legiun Veteran, dr Karundeng dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan upacara militer.



(ysw,whb)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top