Ini Wajah Baru Masjid Istiqlal Setelah Direnovasi, Telan Biaya Rp475 Miliar

Minggu, 26 Juli 2020 - 19:44 WIB
loading...
Ini Wajah Baru Masjid Istiqlal Setelah Direnovasi, Telan Biaya Rp475 Miliar
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menunjukkan wajah baru Masjid Istiqlal yang baru selesai direnovasi. Foto/Tangkapan Twitter @KemenPU
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menunjukkan wajah baru Masjid Istiqlal yang baru selesai direnovasi. Renovasi ini merupakan yang pertama kali sejak tahun 1978 sehingga masjid terbesar di Asia Tenggara lebih elegan.

Melalui akun twitter resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) @KemenPU ditampilkan sejumlah foto-foto wajah baru Masjid Istiqlal setelah direnovasi dan perbandingan sebelum direnovasi. Diberikan keterangan terkait renovasi yang menelan biaya Rp475 miliar dengan tagar #SigapMembangunNegeri.

“Memperlihatkan foto-foto Masjid Istiqlal setelah direnovasi. Renovasi pertama sejak dibangun tahun 1978 ini memberikan wajab baru bagi masjid Istiqlal lho,” tulis twitter @KemenPU, yang dipublis Minggu (26/7/2020). (Baca juga; 100% Selesai Renovasi, Masjid Istiqlal Masih Belum Bisa Gelar Salat Idul Adha )
Ini Wajah Baru Masjid Istiqlal Setelah Direnovasi, Telan Biaya Rp475 Miliar

Untuk renovasi ruang utama salat Masjid Istiqlal, saat ini dilengkapi 3.600 lampu dengan smart lighting, sehingga terang tapi terasa teduh. Pencahayaan kubah dalam memakai teknologi ‘dynamic white’ yang berubah warna setiap hari.

Mihrab Masjid Istiqlal juga direnovasi sehingga terlihat lebih megah dengan ornamen yang elegan, dan dilengkapi pencahayaan yang ciamik. Untuk, tempat wudhu bagi pengunjung untuk menyucikan diri juga diperbaiki dan direnovasi.

Setelah renovasi, kini Masjid Istiqlal dilengkapi dengan instalansi solar panel pada atap selasar, sehingga konsumsi listrik menjadi lebih hemat dan tentunya ramah lingkungan.

Penataan kawasan juga termasuk dalam renovasi. Kini tersedia tempat parker dua lantai berkapasitas 2.000 kendaraan roda empat. Selain itu wajah plaza As Salam dan Plaza Al Fattah kini menjadi lebih rapi dan cantik.

“Gimana, jauh lebih baik dari sebelumnya kan? Semoga renovasi Masjid Istiqlal ini makin memberikan kenyamanan buat pengunjung yang beribadah di sana. Jangan lupa untuk dijaga dan dirawta bersama ya. Emoticon,” tulis akun @KemenPU.
Ini Wajah Baru Masjid Istiqlal Setelah Direnovasi, Telan Biaya Rp475 Miliar

Satu hari sebelumnya, Presiden Joko Widodo melalui akun twitter @Jokowi menginformasikan renovasi masjid Istiqlal yang telah rampung. “Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp475 miliar,” tulisnya.

“Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jamaah itu,” lanjut @Jokowi dan menyertakan video berdurasi 58 detik berisi wajah masjid Istiqlal yang telah direnovasi. (Baca juga; Presiden Jokowi Tinjau Renovasi Masjid Istiqlal )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3475 seconds (0.1#10.140)