Perempatan Hek Kramatjati Banjir Parah Akibat Turap Jebol, Wali Kota: Perbaikan Tunggu Dinas SDA

Selasa, 20 Juni 2023 - 10:45 WIB
loading...
Perempatan Hek Kramatjati Banjir Parah Akibat Turap Jebol, Wali Kota: Perbaikan Tunggu Dinas SDA
Banjir parah akibat luapan Sungai Ciliwung merendam Jalan Raya Bogor hingga perempatan Hek Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (19/6/2030). Foto: Foto/IG @jaktim.informasi
A A A
JAKARTA - Banjir parah akibat luapan Sungai Ciliwung merendam Jalan Raya Bogor hingga perempatan Hek Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (19/6/2030). Banjir disebabkan jebolnya turap Kali Baru.

Menanggapi kejadian ini, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan turap yang jebol akan segera diperbaiki dengan membangun sheet pile atau penahan tanah. Hal ini agar ketinggian muka air Kali Baru tidak tumpah melebihi kapasitas.



Pihaknya saat ini sedang menunggu jawaban dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta ihwal anggaran pembangunan sheet pile tersebut.

"Informasinya tahun ini dianggarkan untuk sitpel agar dibuat normalisasi, ditinggikan supaya tidak tumpah," ujar Anwar, Selasa (20/6/2023).

"Yang kemarin ada yang runtuh kita perbaiki sementara, bentuknya perawatan. Tapi kan kita mau merawat, kalau (perbaikan) besar kan tidak bisa. Ada volumenya kan, mungkin kalau 250 meter itu harus Dinas SDA," lanjut Anwar.



Untuk penanganan banjir sementara, pihaknya akan membagi jalur air, terutama di dekat Jalan DI Pandjaitan, dipecah ke jalur lainnya.

"Kita akan crosing juga yang dari Jalan DI Panjaitan, supaya air itu dipecah, agar tidak luber," kata Anwar.

Diketahui, Kali Baru yang melintasi Jalan Raya Bogor, Kramatjati, meluap hingga menggenangi jalanan di perempatan Hek, Senin (19/6/2023). Genangan air tersebut mengakibatkan sejumlah pengendara motor tergelincir.

Selain itu, lalu lintas macet parah mulai dari arah Jalan Raya Bogor, Pasar Rebo, hingga menuju Cawang. Lalu lintas sebaliknya yang menuju Taman Mini, Cipayung, juga mengalami kemacetan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)