Buka Rute Penerbangan Jakarta-Kuching, AirAsia Dukung Percepatan Pemulihan Industri Pariwisata

Senin, 19 Juni 2023 - 18:38 WIB
loading...
Buka Rute Penerbangan Jakarta-Kuching, AirAsia Dukung Percepatan Pemulihan Industri Pariwisata
AirAsia membuka jalur penerbangan baru dari Jakarta, Indonesia, menuju Kuching, Malaysia. Penerbangan perdana sudah dimulai pada Kamis (15/6/2023) lalu. Foto/MPI/Muhamad Fadli Ramadhan
A A A
KUCHING - Ancaman Covid-19 yang mereda diikuti dengan pemulihan industri pariwisata di banyak negara, termasuk Indonesia. Penerapan aturan pembatasan di setiap negara juga sudah mulai longgar, sehingga membuat pelaku usaha di bidang transportasi kembali memperluas pasarnya.

PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) menjadi salah satu pihak yang menyambut pemulihan industri pariwisata ini, yang ditandai dengan dibukanya jalur penerbangan baru dari Jakarta, Indonesia, menuju Kuching, Malaysia. Penerbangan perdana sudah dimulai pada Kamis (15/6/2023) lalu.

Rute ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung dari Jakarta ke Kuching. Ini juga menjadi komitmen AirAsia untuk mendukung kerja sama pemerintah Indonesia dan Malaysia, khususnya negara bagian Serawak, dalam mempercepat pemulihan industri pariwisata.



Sebelumnya, bagi warga negara Indonesia yang akan menuju Kuching, harus terbang terlebih dulu ke Kuala Lumpur, dan melanjutkan penerbangan dengan maskapai lain. Melihat permintaan yang besar, maskapai berkelir dominan merah ini membuka jalur tersebut.

Penerbangan perdana AirAsia rute Jakarta-Kuching dimulai pukul 07.00 WIB dari Terminal 2 Bandar Udara Soekarno Hatta, Cengkareng. Kemudian tiba di Kuching International Airport, pukul 10.45 waktu setempat.

Penerbangan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Kapten Wuri Septian. Kehadiran para penumpang juga disambut oleh Menteri Transportasi Sarawak YB Dato' Sri Lee Kim Shin.

Rute baru yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional keempat AirAsia yang menghubungkan Sarawak ke ASEAN, setelah rute AirAsia Malaysia dari Kuching, Miri, dan Sibu ke Singapura yang diluncurkan tahun lalu.

“Rute ini merupakan bukti dukungan AirAsia terhadap Indonesia dan Malaysia. Tidak hanya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerja sama,” kata Kapten Wuri dalam sambutannya di Kuching, Kamis (15/6/2023).



Kapten Wuri juga berharap dengan dibukanya rute ini semakin banyak wisatawan yang dapat melakukan perjalanan, baik dari Jakarta menuju Kuching, maupun sebaliknya dengan mudah dan terjangkau.

Menteri Perhubungan Sarawak menegaskan, kerja keras yang dilakukan seluruh pihak di dua negara akhirnya berbuah manis. Dato Sri Lee Kim Shin berharap, rute ini dapat meningkatkan industri pariwisata kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2862 seconds (0.1#10.140)