Rekomendasi 11 Wisata di Jakarta Dekat dengan Kota Tua

Minggu, 11 Juni 2023 - 10:42 WIB
loading...
Rekomendasi 11 Wisata di Jakarta Dekat dengan Kota Tua
Terdapat cukup banyak wisata Jakarta yang terdapat di sekitar Kota Tua. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak wisata Jakarta yang terdapat di sekitar Kota Tua . Sampai saat ini kawasan tersebut memang masih dijadikan destinasi wisata karena banyak terdapat tempat bersejarah.

Selain itu, Kota Tua juga banyak menyajikan bangunan-bangunan estetik bernuansa retro di tengah kemegahan Ibu Kota yang menjadi daya tarik tersendiri di wilayah tersebut.


11 Wisata di Jakarta Dekat dengan Kota Tua

Berikut ini sejumlah wisata di Jakarta yang dekat dengan Kota Tua.

1. Museum dan Taman Fatahillah

Museum Fatahillah bisa dibilang telah menjadi maskot dari wisata Kota Tua di Jakarta yang musti disinggahi. Dalam bangunan arsitektur Belanda ini, pengunjung dapat merasakan nuansa kuno yang dihadirkan.

Sementara untuk taman Fatahillah sendiri terdapat latar luas yang banyak terdapat jasa penyewaan sepeda ontel antik supaya para pengunjung dapat semakin merasakan suasana retro yang disajikan.

2. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Stasiun KA Jakarta merupakan stasiun tertua yang dibangun sejak tahun 1870 silam. Stasiun ini juga menjadi salah satu cagar budaya di Jakarta. Bangunan yang punya arsitektur khas ini berada tepat di seberang Museum Fatahillah.

3. Toko Merah

Meskipun membawa embel-embel nama toko, tempat ini tidaklah menjajakan berbagai barang atau makanan. Namun justru menyajikan tempat bersejarah karena diklaim sebagai bangunan tertua di Kota Tua Jakarta.

Bangunan yang paling mencolok di wilayah Kota Tua ini juga memiliki kisah mistisnya sendiri yang dipercaya oleh penduduk setempat.

4. Museum Wayang

Selanjutnya ada Museum Wayang yang menyediakan koleksi sekitar 4.000 wayang di dalamnya. Museum yang tutup pada hari Senin ini dibuka pada jam 8 sampai pukul 5 sore.


5. Museum Bank Mandiri

Awalnya bangunan ini merupakan gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau disebut dengan Factory Batavia. Dalam museum ini terdapat banyak koleksi barang yang berkaitan dengan sejarah Bank Mandiri.

6. Museum Bank Indonesia

Museum yang terletak di seberang Museum Bank Mandiri. Selain dapat menyaksikan perjalanan sistem pertukaran uang dan perbankan di Nusantara, objek wisata di Kota Tua Jakarta ini juga memiliki arsitektur khas kolonial yang jadi daya tarik tersendiri.

7. Museum Bahari

Museum yang menyimpan benda-benda kelautan di masa kolonial ini sempat menjadi salah satu gudang penyimpanan komoditas VOC dan pernah menjadi gudang peralatan militer ketika Jepang menduduki Indonesia.

8. Museum Seni Rupa dan Keramik

Bila ingin melihat aneka jenis keramik dari dan seni rupa khas Indonesia hingga mancanegara, maka wisatawan dapat mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik. Selain menyajikan berbagai macam bentuk kesenian, museum ini juga menyimpan sejumlah peninggalan sejarah.

9. Jembatan Kota Intan

Jembatan ini adalah jembatan tertua di Indonesia sebab telah dibangun sejak masa pemerintahan VOC. Jembatan yang juga dikenal dengan Engelse Brug ini masih berdiri kokoh dan kerap dijadikan spot foto.

10. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tertua di Nusantara yang telah beroperasi dan memegang peranan penting pada era kolonialisasi. Bahkan masa kejayaan pelabuhan ini telah eksis sejak zaman Kerajaan Tarumanegara.

11. Cafe Batavia

Selain menyajikan hidangan menggugah selera, konsep retro yang diusung Cafe Batavia juga membuat tempat ini sempurna untuk berada di Kota Tua Jakarta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)