Pemkot Tangerang Pastikan 146 Sekolah Swasta Gratis, Berikut Rinciannya

Selasa, 06 Juni 2023 - 06:48 WIB
loading...
Pemkot Tangerang Pastikan 146 Sekolah Swasta Gratis, Berikut Rinciannya
Sejumlah siswa tampak sedang membaca buku pelajaran secara lesehan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
TANGERANG - Sebanyak 146 sekolah swasta di Kota Tangerang gratis . Jumlah itu terdiri dari 73 Sekolah Dasar (SD) dan 73 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, wali murid bisa mendaftarkan peserta didik tanpa dipungut biaya. Pembiayaan, kata dia, ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.



"Tahun ini, untuk sekolah SMP dan MTs (Madrasah Tsanawiyah atau SMP) swasta total sebanyak 73 sekolah biaya pendidikannya sudah digratiskan. Sementara di tingkat SD atau sederajat, sebanyak 73 sekolah swasta," kata Arier dalam keterangannya, Selasa (6/6/2023).

Adapun biaya pendidikan dan keperluan sekolah di sekolah swasta yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang meliputi uang pangkal, SPP, ujian, ulangan, dan iuran praktik layaknya di sekolah negeri.

Arief menuturkan, ini merupakan upaya Pemkot Tangerang mengatasi permasalahan yang kerap muncul di masa penerimaan peserta didik baru.



Di tahun ajaran baru, kata Arief, pihaknya berupaya mengatasi terkait zonasi dengan menambah jumlah sekolah swasta yang biaya pendidikannya ditanggung oleh Pemkot Tangerang.

Dengan banyaknya jumlah sekolah swasta yang digratiskan, lanjut Arief, masyarakat diharapkan tidak perlu lagi merasa risau untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah swasta. Karena terhalang faktor zonasi di sekolah negeri, kata dia, terlebih bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Seyogianya sekolah negeri menjadi sekolah bagi masyarakat yang kurang mampu, sedangkan yang mampu diharapkan bisa menyekolahkan anaknya di sekolah swasta," imbuhnya.

Lebih lanjut, Arief menegaskan, Pemkot Tangerang berupaya optimal dalam memberikan kualitas pendidikan yang merata baik di sekolah negeri maupun swasta.



"Di negeri maupun swasta, kualitas pendidikannya sudah sama-sama baik dengan standar kurikulum yang juga sama," pungkas Arief.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)