Mengintip Sahur Bersama di Masjid Luar Batang Selama Ramadhan

Minggu, 12 Juni 2016 - 00:40 WIB
Mengintip Sahur Bersama di Masjid Luar Batang Selama Ramadhan
Mengintip Sahur Bersama di Masjid Luar Batang Selama Ramadhan
A A A
JAKARTA - Masjid Jami Keramat Luar Batang menggelar sahur bersama warga Luar Batang. Sahur bersama itulah yang membedakan Masjid Keramat Luar Batang dengan masjid besar lainnya di kota Jakarta ini.

Sekretaris Masjid Luar Batang Mansyur Amin mengatakan, pada Ramadhan ini, Masjid Keramat Luar Batang mengadakan sejumlah kegiatan di seputaran masjid. Sama halnya dengan masjid besar yang ada di kota Jakarta ini, Masjid Luar Batang pun mengadakan tarawih dan tadarusan bersama pada malam harinya.

"Namun, ada satu yang membedakan di Masjid Luar Batang ini, yakni pada tiap harinya kami mengadakan sahur bersama pada setiap pukul 03.00 WIB dinihari," ujar Mansyur Amin saat berbincang dengan Sindonews di Masjid Jami Keramat Luar Batang, Jakarta Utara, beberapa hari lalu.

Amin melanjutkan, ini merupakan tradisi yang positif, apalagi di bulan puasa ini menyatukan umat Islam."Tradisi seperti ini yang kami ingin jaga, apalagi di tengah-tengah isu penggusuran Luar Batang. Ini menjadi pemersatu warga Luar Batang menolak kezaliman," jelasnya.

Mansyur menjelaskan, tradisi sahur bersama itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung masjid, baik dari warga Luar Batang maupun dari warga luar kota Jakarta. Tradisi sahur bersama itu pun baru dilakukan di Masjid Luar Batang sebanyak dua kali. Kali pertama dilakukan pada tahun 2015 lalu.

"Sahur bersama ini memasuki tahun kedua. Paling yang susah itu ada pada penyiapan juru masaknya. Alhamdulillah dengan dilakukannya secara bersama-sama, itu semua bisa teratasi," tuturnya.

Dia menambahkan, kalau makanan yang disediakan pada buka puasa pun terdiri dari berbagai macam, tapi menu khas pada sahur bersama itu nasi kebuli. Nasi tersebut dimasak juru masak Masjid. Namun, selain nasi tersebut, warga pun tak dilarang untuk membawa makanannya dari rumah dan dimakan bersama-sama di Masjid.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4177 seconds (0.1#10.140)