Sandiaga Uno: Jakarta Harus Lebih Banyak Ciptakan Lapangan Kerja

Selasa, 31 Mei 2016 - 18:51 WIB
Sandiaga Uno: Jakarta Harus Lebih Banyak Ciptakan Lapangan Kerja
Sandiaga Uno: Jakarta Harus Lebih Banyak Ciptakan Lapangan Kerja
A A A
JAKARTA - Meninggi taraf hidup ekonomi masyarakat tanpa diimbangin oleh lapangan kerja, membuat angka kriminalitas dan penggangguran menjadi tinggi. Demi mengupayakan itu, peluang usaha perlu dilakukan sebanyak-banyaknya.

Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiago Uno mengatakan, sebagai kota Megapolitan sudah sewajarnya Jakarta harus menciptakan lapangan pekerjaan luas. Peluang usaha yang banyak, akan mampu menyerap tenaga kerja lebih besar, pengangguran menjadi turun, ekonomi masyarakat akan lebih baik.

"Ini yang harus disadari oleh semua pemimpin Jakarta. Secara umum, SDM kita sudah baik, kalo di fokuskan maka SDM kita sangat berkualitas," kata Sandiaga saat menyambing RT 08/02, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (31/5/2016) sore.

Karena itu, dengan memberikan bantuan modal dan diiringi pelatihan khusus terhadap industri kecil menengah, peluang usaha akan tercipta dengan sendirinya. Remaja yang menganggur akan berbondong melakukan pekerjaan.

"Tentu dengan tarif ekonomi meningkat, kesejahtaraan akan terangkat. Kriminalitas menjadi turun," tuturnya. Sandiga hafal betul untuk mencapai tahap itu butuh kerja keras tinggi.

Pencapaian hasil tak mudah didapat tanpa bimbingan baik dari seorang pemimpin, begitupun dengan kebijakan pemerintah. "Asumsinya, antara pemerintah, pengusaha, dan warga saling terikat. Pemerintah membantu permodalan membuat warga mendapatkan lapangan kerja dari pengusaha industri kecil menengah," tuturnya.

Salah seorang warga Rawa Buaya, Cengkareng Yanti (53) mengatakan kesulitan ekonomi telah membuat kedua anaknya hampir gelap mata. Aksi kriminalitas yang dilakukan beberapa anaknya lalu telah membuat kehidupan bertambah sengsara.

"Saya awalnya bergantung hidup sama anak saya, cuman karena waktu itu kepepet anak saya menjadi gelap mata dan menjambret," ujarnya.
Yanti mengaku, kondisi yang terjadi dilingkungannya tak lepas dari pemerintah sekitar yang tak kunjung membuat lapangan kerja menjadi mudah.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8316 seconds (0.1#10.140)