Lalu Lintas di Bawah Normal, Ganjil Genap di Jakarta Belum Diberlakukan

Kamis, 23 Juli 2020 - 21:00 WIB
loading...
Lalu Lintas di Bawah Normal, Ganjil Genap di Jakarta Belum Diberlakukan
Dishub DKI Jakarta menyatakan, sejauh ini ganjil-genap masih belum diberlakukan di Jakarta. Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Dinas Perbubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan, sejauh ini ganjil-genap (gage) masih belum diberlakukan di Jakarta. Pasalnya, kondisi arus lalu lintas di Jakarta sejauh ini masih terpantau di bawah normal.

"Sampai saat ini ganjil genap belum diberlakukan dan berdasarkan pantauan kami memang belum mencapai kondisi puncak sama dengan normal," ungkap Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo pada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, pihaknya masih terus melakukan evaluasi sejauh ini dan bila memang lalu lintasnya tinggi, ganjil-genap pun bakal dulakukan, itu pun bakal diveluasi dahulu dan disosialisasikan. Evaluasi itu tak hanya dari segi kondisi lalu lintas saja, tapi juga dari segi suplai angkutan umum yang ada di Jakarta ini.

"Itu belum mampu menampung shifting dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum jika dilakukan pembatasan lalu lintas dengan ganjil-genap," tuturnya. (Baca: 30 Menit Operasi Patuh Jaya, Puluhan Pengendara di Jalan Mayjen Sutoyo Jaktim Terjaring)

Dia merangkan, angkutan umum saat ini belum mampu menampung pengguna kendaraan pribadi ke umum karena pemberlakuan physcal distancing di angkutan umum itu sehingga kerap terjadi penumpukan penumpang. Meskipun sudah ada bantuan bus gratis Jabodetabek seperti untuk mengurangi penumpukan di KRL.

"Jadi dengan upaya ini kita harapkan physical distancing di angkutan umum tetap terjaga. Kemudian traffic kita terus lakukan pengaturan, kami bersama PMJ tentunya di jalan berupaya untuk mencairkan lalu lintas sehingga tidak terjadi kepadatan-kepadatan yang berarti," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)