Pendaftaran Mudik Angkutan Motor Gratis Sepi Peminat

Sabtu, 14 Mei 2016 - 00:41 WIB
Pendaftaran Mudik Angkutan Motor Gratis Sepi Peminat
Pendaftaran Mudik Angkutan Motor Gratis Sepi Peminat
A A A
JAKARTA - Minat masyarakat untuk ikut dalam program penyediaan jasa angkutan motor gratis mudik Lebaran yang digelar PT KAI masih minim. Sejak dibuka 8 Maret 2016 lalu, dari kuota yang disiapkan baru terisi sebanyak 7%.

Manager Senior Humas PT KAI Agus Komarudin menjelaskan, pada musim mudik Lebaran tahun ini PT KAI menyiadakan jasa angkutan mudik khusus motor gratis."Selama enam hari masa mudik kita siapkan kuota sebanyak 15.834 motor. Hingga hari ini (kemarin) baru 1.109 motor yang sudah mendaftar atau 7% dari kuota," jelas Agus usai kampanye antikorupsi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Mei 2016 kemarin.

Agus menuturkan, sepeda motor ini akan diberangkat ke sejumlah kota mulai 28 Juni hingga 3 Juli mendatang. Sedangkan untuk arus balik, angkutan ini akan beroperasi mulai dari 10-16 Juli mendatang.

"Ini merupakan kerja sama antara kami dan Kemenhub, Kemenhub yang mendanai, sedangkan operasionalnya dari kami," tutur Agus. Untuk memuluskan ini, KAI telah menyiapkan 35 kereta bagasi, dengan rincian 14 kereta bagasi di lintas Utara, meliputi Jakarta Gudang hingga Surabaya, dan melintasi Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat.

Sedangkan 21 kereta bagasi telah di siapkan untuk lintas Selatan meliputi pemberangkatan di Stasiun Jakarta Gudang hingga ke Stasiun Kutuarjo dan Kediri.

Untuk pendaftaran, Agus menjabarkan, masyarakat bisa datang ke Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen, dengan membawa KTP, SIM, STNK asli masing-masing yang telah difotocopy sebanyak tiga lembar. Pendaftaran dibagi dua tahap, yakni tahap pertama 8 Maret-6 Mei, dan tahap kedua 7 Mei-6 Juni 2016.

Manager Senior Coorporate Communication Daop (Daerah Operasional) 1 PT KAI Bambang S Prayitno menambahkan, ada persyaratan tertentu untuk kereta gratis ini. Menurutnya, masyarakat sebelumnya harus menggunakan KA minimal tiga orang dalam keluarga, misalnya dua orang dewasa dan satu orang anak maksimal 11 tahun. "Itu berlaku untuk satu motor," tambahnya.

Nantinya, bagi yang ingin menggunakan pendaftaran angkutan moto ini, masyarakat bisa langsung mendaftarkan dengan membawa bukti pembelian tiket.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4430 seconds (0.1#10.140)