4 Fakta Lagu Viva La Vida dari Coldplay, Sejarah hingga Maknanya

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:54 WIB
loading...
4 Fakta Lagu Viva La Vida dari Coldplay, Sejarah hingga Maknanya
Terdapat sejumlah fakta lagu Viva La Vida yang menarik diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah fakta lagu Viva La Vida yang menarik diketahui. Salah satunya terkait makna dari lirik lagunya.

Coldplay dijadwalkan akan menggelar konser di Jakarta pada November 2023 mendatang. Menjelang acara tersebut, lagu-lagu populer milik band ini menjadi perbincangan hangat, termasuk salah satunya Viva La Vida.

Tak hanya enak didengar, lagu ini memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin belum diketahui semua orang. Penasaran? Berikut beberapa di antaranya.


Fakta Lagu Viva La Vida dari Coldplay

1. Rilis Tahun 2008

Viva La Vida menjadi salah satu lagu favorit penggemar Coldplay. Dalam riwayatnya, lagu ini diketahui telah rilis sekitar 15 tahun lalu.

Lagu ini awalnya dirilis pada 25 Mei 2008 di iTunes, sebelum akhirnya masuk juga dalam album Viva La Vida or Death and All His Friends di bulan Juni 2008. Seiring waktu, popularitas lagu ini terus menanjak dan masih eksis sampai sekarang.

Selain itu, Coldplay sendiri membawakan lagu Viva La Vida pertama kali secara Live saat event MTV Movie Awards tahun 2008.

2. Pernah Meraih Penghargaan

Viva La Vida mungkin bukan lagu pertama Coldplay. Namun, jelas lagu ini masuk dalam deretan lagu paling populer yang dimiliki band asal Inggris tersebut.

Mengutip laman Music Grotto, Viva La Vida pernah meraih penghargaan. Salah satunya adalah memenangkan Grammy Award tahun 2009 kategori Song of the Year.

Selain itu, album Viva La Vida or Death and All His Friends juga memenangkan penghargaan. Bedanya, album tersebut menang dalam Best Rock Album Grammy Awards 2009.


3. Arti Judulnya

Sebagian penggemar mungkin telah hafal lirik lagu Viva La Vida, namun belum tentu mereka mengerti arti dari judul tersebut. Mengutip American Songwriter, Viva La Vida dalam bahasa Spanyol berarti ‘Hidup Panjang’.

Pada penggunaannya, istilah Viva La Vida ini biasanya digunakan untuk memberi hormat kepada bangsawan. Selain itu, dapat diartikan juga sebagai ungkapan ‘panjang umur raja/ratu’.

4. Makna Lagu

Di samping popularitasnya, makna dari lagu Viva La Vida ini juga kerap dipertanyakan. Dalam hal ini, terdapat cukup banyak versi terkait arti lirik lagu atau makna yang disampaikan dalam lagu tersebut.

Dari sekian banyak, salah satu yang paling populer adalah terkait penggambaran revolusi Prancis. Mengutip laman Medium, Viva La Vida adalah interpretasi pidato terakhir raja Louis sebelum kematiannya.

Lagu tersebut mengambil sudut pandang Raja Louis ketika meminta maaf kepada rakyatnya serta menerima takdirnya. Versi ini diperkuat dengan pendapat bassis Guy Berryman yang pernah menyebut lagu ini terkait seorang raja yang kehilangan kerajaannya.

Itulah sejumlah fakta lagu Viva La Vida dari Coldplay.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)