alexametrics

Sejarah Masjid Keramat Luar Batang 4

Tanah Kampung Luar Batang Hadiah Belanda untuk Habib Keramat

loading...
Tanah Kampung Luar Batang Hadiah Belanda untuk Habib Keramat
Kantor Yayasan Masjid Luar Batang.(dok/SINDOnews)
A+ A-
JAKARTA - Tanah Kampung Luar Batang merupakan hadiah yang diterima Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Keramat dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu Baron Van Imhoff.

Ketua Pengurus Masjid Jami Keramat Luar Batang Habib Husein bin Hasan bin Abu Bakar bin Husein menceritakan, karomah dari Habib Keramat selain bisa menyembuhkan penyakit saat itu, sang habib dikenal memeliki pernyataan tajam. Pada suatu ketika, saat Habib Keramat tengah berada dipinggiran Teluk Jakarta, dia bertemu dengan orang Belanda.

Saat itu, orang Belanda tersebut menghampiri Habib Keramat dan berbincang-bincang. "Di tengah perbincangan, tiba-tiba Habib Keramat menyatakan kalau dalam waktu dekat, orang Belanda itu akan dipanggil ke negeri asalnya untuk dinaikan jabatannya," cerita Habib Husein kepada Sindonews, Jumat 6 Mei 2016 lalu.



Dengan izin Allah, lanjut Habib Husein, Baron Van Imhoff orang Belanda yang berbicara dengan Habib Keramat saat itu benar-benar dipanggil ke negara asalnya dan diberikan kekuasan untuk memimpin Batavia.

Setelah Gubernur Baron Van Imhoff itu berkuasa di Batavia, sang gubernurnur pun memerintahkan anak buahnya untuk memberikan uang yang saat itu masih berupa logam kepada Habib keramat. Namun, Habib Keramat malah melemparkan uang logam tersebut ke dalam laut.

Setiap kali diberikan uang oleh anak buah Gubernur tersebut, Habib Keramat selalu melemparkannya ke dalam laut. Menerima laporan dari anak buahnya itu, sang Gubernur pun keheranan dengan perbuatan Habib Keramat dan menanyakan langsung maksud Habib Keramat membuang uang pemberiannya itu.

"Sama Habib Keramat dijawab, itu uang bukan dibuang, tapi diberikan pada ibunya di Yaman. Karena penasaran, Gubernur Belanda itu akhirnya memerintahkan pembantunya menyelidiki alamat ibunda Habib Keramat," ungkapnya.

Saat itu, anak buah Gubernur pun mendapati alamat rumah Habib Keramat di Yaman. Ketika dicek kebenarannya, Gubernur Van Imhoff pun dibuat kaget.

Pasalnya, anak buahnya itu melaporkan kalau uang yang diberikannya ke Habib Keramat itu selalu sampai di kediaman ibunda Habib Keramat. "Sebagai rasa terima kasih dan rasa kagumnya terhadap pribadi Habib Keramat, Gubernur Van Imhoff memberikan hadiah berupa tanah milik Pemerintah Belanda yang jumlahnya belasan hektare pada Habib Keramat. Saat diberikan hadiah itu, Habib Keramat menghibahkan lagi tanah pemberian Belanda itu pada muridnya, jemaahnya, dan masyarakat sekitar yang kini menjadi Kampung Luar Batang," pungkasnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak