Wali Kota Cantik Ini Luncurkan Teknologi Disposisi Digital

Kamis, 17 Maret 2016 - 04:34 WIB
Wali Kota Cantik Ini Luncurkan Teknologi Disposisi Digital
Wali Kota Cantik Ini Luncurkan Teknologi Disposisi Digital
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan jurus baru dalam teknologi untuk mempermudah disposisi surat menyurat. Disposisi digital ini untuk memudahkan surat menyurat agar lebih efisien

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, selama ini ada kebiasaan alur surat menyurat menjadi lama karena persoalan tidak sengaja, seperti terselip atau karena sudah lama. “Makanya ini ada teknologi semacam disposisi digital untuk memudahkan surat menyurat agar lebih efisien," kata Airin, Rabu 16 Maret 2016 kemarin.

Jurus baru itu, menurut Airin, akan memudahkan dan mengubah biaya fotokopi surat, biaya keluar khusus menjadi biaya untuk langganan internet. Teknologi itu dapat mempersingkat waktu untuk disposisi surat menyurat, karena surat langsung masuk ke inbox dinas atau badan yang dituju.

Sistem tersebut memerlukan jaringan internet yang baik, jika jaringan sedang bermasalah, maka sistem disposisi digital tersebut juga akan mengalami kendala.

Kepala Seksi Teknologi Informasi Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tangsel Asep Nurdin menambahkan, teknologi ini adalah pertama di Indonesia. BP2T Tangsel telah mendapatkan ISO 270001.
"‘Ini dinamakan sebagai Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker). Nantinya Sisumaker ini akan kembali di-upgrade menjadi certificate authority atau sertifikat digital," tambahnya.

Asep menerangkan, teknologi ini semacam legalisasi paraf digital, tanda tangan surat. Dalam UU ITE Pasal 52, legalitas harus ada ketika sertifikat digital akan ditanamkan di sistem. Oleh karena itu, sertifikat digital itu diperlukan.

Dengan certificate authority ini surat menyurat akan lebih aman. Karena tidak sembarangan orang bisa masuk."Nanti yang memiliki akun adalah yang mempunyai hak tanda tangan tersebut, dan akan ada pengaman dengan password khusus," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4715 seconds (0.1#10.140)