Pembebasan Lahan Tol Cimanggis-Cibitung Dikebut

Kamis, 03 Maret 2016 - 01:33 WIB
Pembebasan Lahan Tol Cimanggis-Cibitung Dikebut
Pembebasan Lahan Tol Cimanggis-Cibitung Dikebut
A A A
BEKASI - Panitia Pengadaan Tanah (PPT) Kabupaten Bekasi menargetkan proses identifikasi dan inventarisasi lahan yang dipakai untuk kebutuhan pembangunan ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung bisa rampung secepatnya.

Ketua P2T Kabupaten Bekasi Dirwan A Dahri mengatakan, pihaknya terus mengebut pembebesan lahan tersebut agar secepatnya dilakukan pembayaran oleh pemerintah pusat.”Sebelum Mei 2016 ditarget sudah rampung,” kata Dirwan, Rabu 2 Maret 2016 kemarin.

Menurut Dirwan, ruas jalan bebas hambatan yang melintas di Kabupaten Bekasi sepanjang 14 kilometer. Adapun wilayah yang dilewati di antaranya Kecamatan Setu dengan lima desa, Kecamatan Cikarang Barat empat desa, dan Kecamatan Cibitung satu desa.

"Lahan yang bakal dibebaskan seluas 268,79 hektare dengan jumlah bidang tanah sebanyak 1.242," ujarnya. Kepala BPN Kabupaten Bekasi ini mengaku, usai dilakukan inventarisasi dan identifikasi, data fisik maupun yuridis, serta pengukuran nantinya akan dinilai oleh tim independen untuk menentukan harga tanah, bangunan, maupun tanaman.

”Pembayaran oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat,” ujarnya.
Dirwan menargetkan agar proyek tersebut tak tertunda, sehingga pembangunannya bisa dirampungkan tepat waktu pada 2019 mendatang, sebab untuk kepentingan umum.

Sehingga, tak ada hambatan dalam pembebasan lahan karena untuk pembangunan ekonomi, infrastuktur dan lainnya.

Kasubbag Infrastuktur dan Tata Ruang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Evi Mutia menambahkan, tol tersebut memiliki panjang 25,4 kilometer, 14 kilometer masuk wilayah Kabupaten Bekasi, sisanya berada di Depok, dan Bogor.

”Tol itu akan menyatu dengan ruas Jalan Tol Cilincing-Cibitung berada di atas ruas tol Jakarta-Cikampek dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2019 mendatang,” ujarnya. Menurutnya, ruas jalan tol itu, memiliki peran startegis untuk mengurai kemacetan di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Selain itu, dengan adanya tol itu bisa mengurangi beban angkutan barang di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek yang biasa melintas di Cawang. Sebab, tol tersebut langsung menuju Tanjung Priok. Nantinya, bisa memangkas waktu bagi pengguna jalan dari dan menuju Depok ke Bekasi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6442 seconds (0.1#10.140)